Taman Budaya Akan Dibangun di Seberang Rujab Pimpinan DPRD

Kalpin

, – Taman Budaya akan dibangun di seberang bangunan rumah jabatan (Rujab) pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten . Demikian kata Plt kepala setempat, Kalpin kepada sejumlah awak media, Rabu (8/5/2024), di ruang kerjanya.

Luas lahan yang akan digunakan untuk bangunan Taman Budaya tersebut menurut Kalpin sekitar 6,9 ha. Sedangkan statusnya sudah clean and clear. “Saat ini lahan tersebut sudah memiliki sertifikat,” kata Kalpin, seraya menyebutkan, rencana bangunannya sudah dibuat masterplannya. Sehingga, ketika anggarannya sudah tersedia nanti, bisa dilakukan secepatnya.

Oleh karena sudah ada kesepakatan dengan anggota DPRD untuk rencana pembangunan Taman Budaya dimaksud, maka pada tahun 2024 ini sebagian dari rencana tersebut pembangunannya dimulai. “Yaitu, pada tahap awal dengan melakukan pembersihan lokasi lahan,” terangnya.

Terkait dengan luas lahan yang disediakan untuk Taman Budaya ini, jika dibandingkan dengan luas lahan Taman Budaya yang berada di Kabupaten lain, seperti Taman Budaya di Kabupaten Sleman yang bertarap Asean menurutnya, luas lahan untuk rencana Taman Budaya di Kabupaten Katingan ini lebih luas dari Taman Budaya di Kabupaten Sleman. “Karena luas lahan Taman Budaya di Kabupaten Sleman hanya 4 ha saja. Sedangkan luas lahan rencana pembangunan Taman Budaya di daerah kita sekitar 6,9 ha,” tuturnya.

Selanjutnya, jika sudah dibangun nanti, lanjutnya, porsinya bukan hanya sekadar untuk Taman Budaya saja, tapi di dalam bangunan itu nantinya akan ada pula museum. “Tujuannya, selain untuk mengenalkan semua seni dan budaya Kabupaten Katingan, juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (),” pungkas pria yang masih menjabat sebagai staf akhli di Setda Katingan ini. (abu)