Kontingen Katingan Ikuti FBIM di Palangka Raya

Pj Bupati Katingan, Saiful saat melepas kontingen FBIM Kabupaten yang akan mengikuti FBIM di Kota Palangka Raya, Rabu pagi (15/5/2024), di depan kantor Bupati Katingan

BALANGANEWS, KASONGAN – Kontingan Kabupaten Katingan ikuti () di Kota Palangka Raya, dan Rabu pagi (15/5/2024) tadi keberangkatannya dari halaman kantor Bupati Katingan dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati setempat, Saiful.

Pj Bupati Katingan, Saiful dalam sambutannya mengatakan, FBIM ini merupakan even tahunan, yang bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya lokal Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang diikuti oleh seluruh Pemkab dan Kota yang ada di Kalteng.

“Khusus pada tahun 2024 ini FBIM digelar, sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 tahun Provinsi Kalteng,” kata Saiful.

Selanjutnya, dengan dilepasnya kontingen FBIM Kabupaten Katingan pada pagi itu, dirinya berharap kepada semua peserta, selama mengikuti berbagai jenis lomba agar dapat mengikuti seluruh rangkaian yang diperlombakan dengan baik, jujur dan mampu tampil dengan maksimal sesuai dengan ketentuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas sesuai dengan peraturan penilaian yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

“Selamat jalan kepada seluruh peserta, pendamping, pelatih dan selamat pula sampai ke tujuan,” ucap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Di tempat yang sama, Plt kepala Kabupaten Katingan, Kalpin dalam laporannya mengatakan, peserta, pendamping dan pelatih yang mengikuti FBIM se-Kalteng ini seluruhnya berjumlah sekitar 119 orang.

“Sedangkan tempat pelaksanaan di kota Palangka Raya,” kata Kalpin, seraya menyebutkan waktu pelaksanaannya, yakni sekitar lima hari atau sejak tanggal 18 hingga 24 Mei 2024.

Sementara jumlah cabang lomba yang diikuti sekitar 10 cabang dari 18 cabang lomba, lanjutnya, diantaranya lomba pawai budaya, lomba balogo putra, lomba bajukung tradisional putra-putri, lomba base kambe, lomba , lawang skepeng putra, lomba putera-puteri dan lomba jagau-bawi nyai dan lomba tari pedalaman.

Hadir dalam pelepasan tersebut, selain Plt Dinas , , Pemuda dan (Disbudparpora) Kabupaten Katingan, Kalpin beserta jajarannya, juga sejumlah asisten, staf akhli dan kepala Organisasi (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. (abu)