Banjir di Katingan Katingan Hulu Beralih ke Katingan Tengah

Kondisi banjir di desa Samba Katung Kecamatan Katingan Tengah, pada hari ini, Senin (27/5/2024) pagi

, – Dua hari yang lalu, wilayah Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan, utamanya di Kelurahan yang merupakan ibukota Kecamatan Katingan Hulu dilanda . Namun, hari ini Senin (27/5/2024) mulai sudah mulai surut, banjirnya beralih ke wilayah Kecamatan . Demikian kata kepala pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (Kalak ) Kabupaten Katingan, Markus yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin pagi (27/5/2024), di ruang kerjanya.

Kendati mulai mengalami penurunan debit air, namun menurut Markus, menurut pantauan dari 4 orang anggota BPBD yang dikirimnya ke bagian hulu, mulai dari Kecamatan Katingan Hulu, menurut Markus banjir sudah beralih ke wilayah Kecamatan Katingan Tengah, dan sebagian masih berada di wilayah Kecamatan Marikit.

Karena, dua wilayah Kecamatan tersebut, terutama di wilayah Kecamatan Katingan Tengah menurutnya debit airnya mulai meningkat secara signifikan. “Penyebabnya, banjir kiriman dari Kecamatan Katingan Hulu menyasar ke Kecamatan Marikit hingga ke Kecamatan Katingan Tengah,” terangnya.

Terkait banjir dimaksud, dirinya mengimbau kepada masyarakat, baik yang di bagian hulu, terlebih lagi kepada masyarakat yang berada di bagian hilirnya seperti masyarakat di Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, , Tasik Perawan dan Kamipang agar tetap waspada. Karena, curah hujan dalam bulan Mei hingga awal Juni 2024 ini masih berpotensi. Sehingga, dikhawatirkan debit air di daerah kita akan kian meningkat.

Jika terjadi peningkatan, lanjutnya, banjir akan semakin membesar. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, seluruh masyarakat Katingan agar melakukan berbagai antisipasi. Diantaranya, dengan menyelamatkan berkas dan dokumen yang dianggap penting dan barang berharga lainnya. Kemudian, diletakan di bagian atas. “Sehingga ketika banjir memasuki rumah, semua barang berharga tidak tersentuh air, banjir yang memasuki rumah,” pesannya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, menurutnya, jika ada kabel listrik yang berjuntai di bagian bawah agar dibenahi mulai sekarang. Karena, jika sampai tersentuh air banjir, dikhawatirkan kabel nya akan terkelupas, yang kemudian bukan hanya korsleting saja. “Tapi lebih dikhawatirkan lagi tersentuh penghuni rumah,” ingat mantan kabag Protokoler di Setda ini. (abu)