Gubernur Kalteng Sebut Roda Pembangunan Terus Meningkat Dari Tahun ke Tahun

, PALANGKA RAYA Kalimantan Tengah (), H. Sugianto Sabran menyampaikan, bahwa roda pembangunan di Provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Syukur Alhamdulillah, berkat kerja keras kita bersama, selama 8 tahun kepemimpinan saya selaku Gubernur, roda pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah berjalan dengan baik, terus meningkat dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalteng saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng, di Halaman Kantor Gubernur setempat, Senin (27/5/2024).

Gubernur menuturkan, dari sisi keuangan, Provinsi Kalteng, dari awal dirinya menjabat tahun 2016 sebesar Rp3,43 triliun lebih, namun sekarang pada tahun 2024 menyentuh angka Rp8,79 triliun lebih.

“Naik 2 kali lipat lebih,” ujar Sugianto Sabran.

Lebih lanjut dia menuturkan, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kalteng selalu mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Keberhasilan ini menjadi salah satu bukti komitmen kita untuk mewujudkan tata kelola keuangan dan yang baik, transparan, dan akuntabel,” ungkapnya.

Selain itu tambah Sugianto, sejumlah indikator makro pembangunan juga progresnya bagus. Pertumbuhan pada Triwulan I 2024 ini 5,01 persen, lebih tinggi dari tahun 2023 yang sebesar 4,14 persen.

“Tingkat pengangguran terbuka hingga Maret 2024 sebesar 3,67 persen, lebih baik dari capaian yang di angka 4,82 persen. Kemudian, angka kemiskinan tahun 2023 5,11 persen, jauh di bawah angka nasional yang 9,36 persen,” ungkapnya. (asp)