Legislator Setuju Armada Sampah Ditambah

Whatsapp Image 2023 11 24 At 4.40.50 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono

BALANGANEWS, – Rudi Hartono, legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten dalam pernyataannya sangat setuju, armada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan pada tahun 2024 ini ditambah. Pernyataannya itu diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu (5/6/2024).

Pasalnya, dengan ditambahnya armada angkutan sampah tersebut menurut Rudi, tentu saja mempercepat pengangkutan sampah di berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan. Maksudnya, tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) setiap harinya itu dapat dengan cepat diangkut dengan menggunakan armada tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Karena, yang tadinya hanya menggunakan satu unit armada, kini bertambah menjadi dua unit maka akan semakin cepat pula pengangkutannya,” kata Rudi.

Salah satunya di Kecamatan , lantaran armadanya hanya memiliki satu unit, apalagi usianya sudah 10 tahun lebih dan sering mogok, menurutnya tentu saja sampah-sampah yang ada di TPS sering terlambat diangkut ke TPA. “Tapi, setelah bertambah satu unit armada baru, saya yakin akan mempercepat pengangkutan sampah dari TPS ke TPA,” ujarnya.

Seperti kita ketahui selama beberapa tahun ini, sampah-sampah di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah tersebut menurutnya sempat bertumpuk. Bahkan tidak jarang sampah-sampahnya meluap sampai di luar TPS. Sehingga, dari tahun ke tahun masalah sampah di Tumbang Samba ini penanganannya tak pernah tuntas.

Masalahnya, lanjutnya, dari TPS yang salah tempat hingga TPA, ditambah lagi jalan masuk menuju TPA, juga sering bermasalah. “Salah satu permasalahannya, di sepanjang jalan masuk ke TPA itu sendiri tak jarang, penuhnya tumpukan sampah,” terang legislator berlambang pohon beringin ini.

Hal ini menurutnya, mengingat di Tumbang Samba saat ini memiliki ratusan kios, warung makan dan toko sembako. Sehingga, volume sampahnya pun, kian tahun semakin bertambah dan sangat memprihatinkan. Sedangkan armada angkutan sampah yang digunakan saat ini selain sudah tua, juga sering mogok. “Tapi, dengan armada angkutan sampah yang baru, bisa memaksimalkan angkutan sampah dari TPS ke TPA,” akunya.

Dengan begitu, dirinya mengaku sangat mengapresiasi kepada Pj Bupati Katingan Saiful dan juga kepada kepala DLH setempat Yobie Sandra atas dianggarkannya pengadaan beberapa unit dum truck untuk armada angkutan sampah pada tahun 2024 ini. Sehingga, bisa mempercepat angkutan sampah di Kabupaten Katingan ini. Termasuk mempercepat angkutan sampah dari TPS ke TPA di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Terkait perlunya penambahan armada angkutan sampah di Tumbang Samba yang dikemukakan oleh Pj Bupati Katingan yang diungkapkannya pada saat melakukan sidak ke tumpukan sampah di tahun 2023 yang lalu, kini sudah terwujud. Begitu pula TPS Ambrolnya. “Terima kasih Pak Saiful,” ucap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Di tempat terpisah, beberapa bulan yang lalu, Pj Bupati Saipul pernah melakukan sidak ke tumpukan sampah di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Dengan menyaksikan tumpukan sampah tersebut, menurutnya, di Tumbang Samba ini perlu penambahan armada angkutan sampah untuk mengangkut sampah dari TPS ke TPA. “Semoga dengan pengadaan armada angkutan sampah ini bisa menjadi salah satu solusi mempercepat angkutan sampah dari TPS ke TPA,” harap Saiful. (abu)