Sapu Bersih Pungli dan Anti Korupsi

Usai membuka kegiatan sosialisasi sapu bersih pungli dan anti korupsi tahun 2024, Sekda Katingan Pransang berfoto bersama inspektur Inspektorat Kabupaten Katingan Dedy Feras, Wakapolres Katingan, nara sumber dan sejumlah peserta sosialisasi, Senin pagi (10/6/2024) di gedung serbaguna Salawah - Kasongan.

, – Sapu bersih pungutan liar (pungli) dan anti korupsi. Demikian kegiatan sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pransang yang bertempat di gedung Serbaguna Salawah Kasongan, Senin pagi (10/6/2024).

Kegiatan sosialisasi ini selain dihadiri Wakapolres , juga puluhan perwakilan dari beberapa Dinas dan Badan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, beberapa orang Camat dan beberapa staf Camat, juga sejumlah undangan lainnya serta sejumlah narasumber yang menyampaikan materi sosialisasi dimaksud. Seperti dari Negeri, Katingan dan kepala Inspektorat Kabupaten Katingan

Pj Bupati Katingan Saiful dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Setda setempat Pransang mengucapkan terimakasih kepada satgas dan satgas anti korupsi. Sehingga, kegiatan sapu bersih pungli dan anti korupsi di Kabupaten Katingan ini dapat terlaksana.

“Terimakasih, juga kami ucapkan kepada tim, atas bantuan dan masukan dan kerjasamanya dalam memperhatikan aksi program anti korupsi terintegrasi yang sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku,” kata Pransang.

Selanjutnya, pada kesempatan itu pula dirinya menyampaikan bahwa kesiapan Pemkab Katingan untuk mendukung upaya pencegahan korupsi ini, berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pencegahan korupsi lainnya. Seperti sistem perencanaan, penganggaran, pengelolaan aset, pelayanan perizinan, pelayanan publik, pengadaan barang dan jasa, manajemen dan tata kelola keuangan.

“Dengan tujuan, agar terhindari dari pungli dan korupsi,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait dengan kegiatan ini, dirinya meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), petugas pelayanan publik di lingkup Pemkab Katingan agar serius untuk mengikuti sosialisasi ini. Sehingga, dalam pelaksanaan tugas semua dapat diterapkan dan terhindar dari korupsi.

Kemudian, dirinya mengimbau kepada seluruh kepala OPD lingkup Pemkab setempat agar mendukung sepenuhnya dalam kegiatan ini.

“Sehingga pencegahan korupsi dan pungli, khususnya di Pemkab Katingan dapat berjalan optimal,” terangnya, seraya berharap kepada tim saber pungli Kabupaten Katingan dapat memberikan saran dan masukan yang bermanfaat bagi Pemkab Katingan. (abu)