BPBD Katingan Apel Persiapan Karhutla di Kecamatan Kamipang

BALANGANEWS, KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa ) Kabupaten , gelar apel persiapan menghadapi hutan dan lahan (Karhutla) di halaman kantor Pemerintah Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kamis pagi (27/6/2024).

Sebagai inspektur upacara (irup) kepala pelaksana (kalaksa) BPBD Kabupaten Katingan, Markus. Sedangkan pesertanya terdiri dari personil BPBD Kabupaten Katingan, anggota -, Manggala Agni, Resort Pengelola Hutan Kecamatan setempat, anggota satgas kebencanaan wilayah Kecamatan setempat, personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Baun Bango dan sejumlah personil dari beberapa perusahaan di sekitar Kecamatan setempat.

“Seluruhnya berjumlah sekitar 85 personil,” kata Markus.

Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan, Markus berharap kepada semua peserta agar senantiasa mempersiapkan personil dan sarana dan prasarana (Sarpras). Begitu pula persiapan terkait dengan personilnya, harus siap dan siaga, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Karena musibah kebakaran, baik di hutan, di lahan, pekarangan maupun di perumahan penduduk tidak mengenal waktu,” ujarnya.

Usai pelaksanaan apel, dirinya juga menjelaskan tentang bagaimana tata cara pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada khususnya. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya Karhutla di tempat-tempat yang rentan hotspot dan titik-titik api.

Kemudian, sebelum meninggalkan tempat pelaksanaan apel pada siang harinya, dirinya menyempatkan diri melakukan pengecekan sarana dan prasarana (Sarpras). Diantaranya, mobil pemadam kebakaran, mesin pemadam kebakaran dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Tujuannya, untuk memastikan bahwa semua Sarpras yang dimiliki tersebut dapat difungsikan ketika kebakaran terjadi,” terangnya.

Kalau pekan lalu digelar di , dan pekan ini di Kecamatan Kamipang, maka pekan depan BPBD menurutnya, akan menggelar lagi kegiatan seperti ini di .

“Oleh karena itu, tolong untuk satgas BPBD di Kecamatan mulai sekarang agar mempersiapkan semua personil beserta Sarpras Damkar-nya,” pesan mantan Kabag Protokol di Setda Katingan ini. (abu)