Hari Jadi Katingan ke-22, Wagub Pesan Pemda Siapkan SDM Kalteng Yang Unggul

Wagub Kalteng, Edy Pratowo saat memimpin Upacara Hari Jadi ke-22 Kabupaten Katingan Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati setempat. (Foto: MMC Kalteng)

, KATINGAN – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (), H. , memimpin Upacara Hari Jadi ke-22 Kabupaten Katingan Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Katingan, Sabtu (20/7/2024).

Pada kesempatan itu, Wagub menyampaikan pesan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) se-Kalteng untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, berkualitas unggul, dan berdaya saing.

Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan tantangan perubahan zaman yang akan semakin cepat, berat, dan kompleks kedepannya.

“Mulai dari era yang lebih kompetitif akibat globalisasi dan digitalisasi, perubahan , ancaman krisis , IKN, hingga bonus demografi,” kata Wagub saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, sambung Wagub, kunci utamanya adalah harus benar-benar mempersiapkan SDM Kalimantan Tengah yang sehat, berkualitas unggul, dan berdaya saing.

“Kita harus benar-benar mempersiapkan SDM Kalimantan Tengah yang sehat, berkualitas unggul, dan berdaya saing, sehingga nantinya sanggup menjawab berbagai persoalan seberat apapun, untuk membawa kemajuan dan kemakmuran daerah,” tegas Edy Pratowo.

Di hari jadi Kabupaten Katingan, Wagub menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Penjabat (Pj) Bupati beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Katingan atas berbagai progres pembangunan yang sudah dicapai.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Katingan kembali berhasil memperoleh Opini WTP dari BPK RI untuk keenam kali berturut-turut.

Kemudian, juga meraih sertifikat Bebas Frambusia; Penghargaan Pasar Tertib Ukur; Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama; Penghargaan Terbaik I kategori Perencanaan dan Tata Kelola Gudang Logistik dan Peralatan Penanggulangan ; dan prestasi Lomba Tepat Guna Unggulan Tahun 2024.

Berikutnya, capaian beberapa indikator pembangunan tahun 2023 tampak lebih baik dari tahun sebelumnya, antara lain Pertumbuhan Ekonomi 5,98 persen, Angka Kemiskinan 4,99 persen, dan Indeks Pembangunan Manusia 73,90.

“Dari laporan Pemerintah Kabupaten Katingan, tren Prevalensi Stunting mengalami penurunan signifikan, berdasarkan SKI tahun 2023 sebesar 34 persen, kemudian data E-PPGBM selama bulan Mei 2024 menjadi 15,7 persen,” beber Wagub.

Selanjutnya disebutkannya, capaian-capaian baik tersebut menunjukkan semangat Pemerintah Kabupaten Katingan untuk terus mendorong tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah serta laju pembangunan agar semakin baik lagi dari waktu ke waktu.

“Saya juga berharap, Hari Jadi Kabupaten Katingan ini menjadi momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan, keharmonisan, dan persatuan, bergotong royong membangun Kabupaten Katingan yang lebih maju, mandiri, dan makmur, demi terwujudnya Kalteng Makin Berkah,” imbuhnya. (asp)