Jaga Kekompakan dan Nama Daerah Saat Mengikuti FSQ XI

Plt Asisten II Setda Katingan, Eka Suryadilaga saat melepas keberangkatan 45 orang peserta lomba yang masuk kafillah LASQI Kabupaten Katingan ke asrama Haji Palangka Raya untuk mengikuti FSQ XI tingkat Provinsi Kalteng, di Palangka Raya, Jum'at pagi (2/8/2024), di halaman kantor Bupati Katingan

BALANGANEWS, – Jaga kekompakan sesama peserta dan jadikanlah Festival Seni Qasidah (FSQ) XI tahun 2024 yang digelar di kota Palangka Raya nanti.

Sambutan tertulis dari Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful yang dibacakan Plt Asisten II Setda Katingan, Eka Suryadilaga, Jum’at pagi (2/8/2024) pada pelepasan keberangkatan Kafillah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) itu mengingatkan kepada peserta yang ikut berlomba.

Maksudnya, meskipun berharap dapat memberikan hasil terbaik untuk Kabupaten Katingan, namun sebagai kepala daerah, dirinya meminta agar selalu menjaga sportivitas dalam berlomba. “Karena, FSQ ini tidak hanya berlomba saja, tapi yang terpenting sebagai ajang silaturahmi,” ungkap Eka Suryadilaga.

Terkait dengan se- itu pula, dirinya berpesan kepada peserta di kafillah Kabupaten Katingan ini, agar sebisa mungkin mempergunakan kesempatan dan waktu sebaik-baiknya. Maksudnya, jika tiba waktu istirahat, sholat dan makan (ishoma), maka pergunakanlah sesuai waktu yang ada. Namun, jika sudah sampai waktunya berlomba, upayakan datang sebelum waktu berlomba. “Sehingga, saat berlomba bisa menghadapinya dengan tenang dan nyaman,” harapnya.

Selanjutnya dirinya menjelaskan keberadaan LASQI di bumi Penyang Hinje Simpei, yaitu merupakan salah satu lembaga bernuansa Islami yang diharapkan mampu mendorong Kabupaten Katingan yang kita cintai ini. “Khususnya di bidang seni,” urai mantan kepala Kalaksa ini.

Di tempat yang sama, ketua kontingen/ kafillah yang juga pengurus DPD LASQI Kabupaten Katingan, Edy Rakhmat Sosiawan dalam laporannya menyebutkan, peserta yang mengikuti lomba FSQ XI tingkat Provinsi Kalteng dari Kafillah Kabupaten Katingan ini, berjumlah 45 orang, termasuk official.

Dari seluruh cabang yang diperlombakan dalam FSQ XI tingkat Provinsi Kalteng tersebut menurut Eka, semuanya diikuti oleh peserta LASQI Kabupaten Katingan Diantaranya lomba bintang vokalis anak-anak putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putri, bintang vokalis dewasa putra dan putri, popraiji anak-anak putra dan putri, popraiji remaja putra dan putri, popraiji dewasa putra dan putri dan rabana clasik remaja putra dan putri. “Sedangkan waktu pelaksanaan sekitar 7 hari, yaitu sejak 2 hingga 7 Agustus 2024,” sebut pria yang juga ketua FKUB Kabupaten Katingan ini.

Kemudian, dirinya mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful yang telah memberikan dukungan penuh kepada DPD . “Sehingga beberapa kegiatan yang digelar baik FSQ tingkat Kabupaten Katingan di maupun keberangkatan kafillah dalam rangka mengikuti FSQ XI tingkat Provinsi Kalteng ini,” ucapnya. (abu)