Kejaksaan Negeri Katingan Khitanan Massal di Pontren Bukit Batu

21 santri Nurul Abshor Bukit Batu Kabupaten Katingan, usai khitanan massal, berfoto bersama sekretaris Pontren Bob Ansyari, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Katingan beserta jajarannya, di Pontren setempat

BALANGANEWS, KASONGAN – Kejaksaan Negeri adakan di Pondok Pasantren (Pontren) Nurul Abshor Bukit Batu – Kasongan Kabupaten Katingan, Kamis (29/8/2024) kemaren.

Hadir dalam kegiatan khitanan massal tersebut, selain pengurus pontren setempat, juga pimpinan cabang Kasongan Hendra Loren dan kepala , Subari Kurniawan, yang diwakili oleh Kasi Datun, Bayu Aji bersama jajarannya serta puluhan santri yang mondok di pontren tersebut beserta orang tuanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Katingan, Subari Kurniawan, melalui Kasi Datun, Bayu Aji dalam sambutannya mengatakan  pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kelahiran Kejaksaan RI Ke 79, yang akan diperingati pada 1 September 2024 nanti.

Salah satu rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya ini menurut Bayu, khitanan massal untuk anak-anak yang belum berkhitan. “Seperti yang kita selenggarakan di Pontren Nurul Abshor Bukit Batu pada hari ini,” kata Bayu, seraya menyebutkan bahwa pelaksanaan khitanan massal di pontren ini merupakan yang kedua kalinya tanpa dipungut biaya atau gratis dan anak-anak yang disunat juga diberi hadiah berupa perangkat sholat. Seperti sajaddah, sarung dan kopiah .

Selain khitanan massal, Kejaksaan Negeri Katingan menurutnya, juga pernah membantu bantuan () berupa sembako dan peralatan sekolah (alat tulis) untuk para santri di pontren ini saat Hari Bakti Adyaksa (HBA) di bulan Juli yang lalu.

Dengan demikian, dirinya berharap kepada para santri agar tetap menjaga iman, tetap lancar beribadah, juga dapat menambah animo masyarakat Kabupaten Katingan. “Karena Kejaksaan tidak saja memberikan hukuman, tapi juga membantu dari sisi kemanusiaan,” terangnya.

Di tempat terpisah, pimpinan Pontren Nurul Abshor Bukit Batu H Nor Ifansyah melalui Sekretarisnya Bob Ansyari, selain melaporkan jumlah santri yang dikhitan pada pagi itu, yaitu sekitar 21 orang juga mengucapkan terimakasih tak terhingga atas bantuan dari Kejaksaan Negeri Katingan atas bantuannya. “Baik berupa fasilitas khitanan massal maupun bansosnya kepada santri-santrinya di pontren kami ini,” ucap Bob Ansyari.

Adapun kegiatan sunatan massal seperti ini menurutnya, merupakan yang kedua kalinya. Yang pertama pada saat Hari Lahir Kejaksaan RI ke 78 pada tahun 2023, dan yang kedua pada tahun 2024 ini. “Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kemudahan kinerja Kejaksaan Negeri Katingan dan dilancarkan rezeki kita semua,” ucap di lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan ini.

Terkait dengan jumlah santri dan santriwati yang belajar di pontren ini menurutnya sampai hari ini sekitar 100 orang lebih, yang terdiri dari warga yang bertempat tinggal di sekitar Bukit Batu Kecamatan . “Mereka, sebagian besar warga yang kurang mampu,” pungkasnya. (abu)