Personil Gabungan Jaga Keamanan Selama Proses Pendaftaran Paslon di Kantor KPU Mura

BALANGANEWS, PURUK CAHU – Personel gabungan yang terdiri dari Tentara Nasional Indonesia () Angkatan Darat (AD) melalui Kodim 1013/, melalui Kepolisian Resor (Polres) Murung Raya (Mura) Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam (Satpol PP dan Damkar) serta Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) bersinergi memberikan pengamanan, kenyamanan untuk mengawal proses dan tahapan pendaftaran Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Murung Raya (Mura) Periode 2024 – 2029 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Murung Raya (Mura) yang beralamat di Jl. Bhayangkara Desa Danau Usung .

Dimulai dengan salam senyum, salam sapa dan salam sopan santun yang dikedepankan pada saat menerima dan menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut lah, suasana dari semenjak dimulainya pendaftaran hingga pada saat puncak atau hari terakhir jadwal pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Murung Raya (Mura) pada kemarin, Kamis (29/8/2024) begitu sangat terasa nyaman, tertib dan aman.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Murung Raya (Mura), AKBP Irwansah, S.I.K., M.M, saat disambangi langsung Balanganews.com dan awak media lain pada saat memantau tahapan terakhir pendaftaran Paslon yang tampak di dampingi Kasatpol PP dan Damkar Kab. Mura, K. Zen Wahyu.

“Sinergi antar Lembaga menjadi sangat krusial dalam menjaga stabilitas politik, dan keamanan selama tahapan Pilkada. Stabilitas politik, keamanan dan rasa nyaman adalah salah satu kunci dalam suksesnya mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak dan hal ini tentunya memerlukan kolaborasi erat dari seluruh sektor, dari tingkat pusat hingga daerah,” ujar Kapolres didampingi Kasatpol PP dan Damkar, kemarin, Kamis (29/8/2024) siang hari waktu setempat.

Lanjut Kapolres, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak yang terkait, agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 berlangsung dan berjalan dengan aman, nyaman, tertib, lancar juga demokratis.

“Dengan berkolaborasi erat antara Pemda, TNI, Polri baik Kejaksaan Negeri dan pihak terkait lainnya. Kami sangat optimis bahwa integritas dan keamanan di semua tahapan proses Pilkada Tahun 2024 akan terjaga,” ucap AKBP Irwansyah.

Kembali AKBP Irwansah menambahkan, pada tahapan puncak hari pendaftaran Paslon ini, menerjunkan sebanyak 80 orang personil, dari TNI 20 orang personil serta ditambah kembali dari Satpol PP dan Damkar 20 orang personil.

“Selain memberikan pengamanan dan kenyamanan diseputaran Kantor KPU, kami juga memberikan pengamanan dan pengawalan bagi Paslon mulai dari keberangkatan dari dan menuju ke Kantor KPU hingga kembali pulang menuju ke tempat sekretariat pemenangan masing – masing Paslon,” ungkap Kapolres ramah ini. (Sam)