Anggota Dewan Berharap Warga Katingan Banyak Lulus Tes Seleksi CPNS 2024

Budy Hermanto

BALANGANEWS, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Budy Hermanto berharap warga Katingan banyak yang lulus dalam tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 nanti. Harapannya ini diungkapkannya kepada media, Kamis siang (12/9/2024).

Karena, dengan banyaknya lulus warga kita di Kabupaten Katingan berstatus Aparatur Sipil Negara() nantinya menurut Budy Hermanto, bisa pula menutupi kebutuhan pegawai di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Katingan, baik di Dinas maupun di dinas dan badan lainnya, yang memang masih kekurangan pegawai. “Semoga warga kita banyak yang lulus seleksi CPNS tahun 2024 nanti,” harap Budy Hermanto.

Kenapa berharap lulus yang banyak ?. Karena, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Katingan di berbagai OPD menurut legislator ini memang masih banyak dibutuhkan. “Sehingga, sudah seyogyanya lah, ketika dibuka lowongan seleksi CPNS, kita berharap banyak warga kita yang lulus seleksi nantinya,” terangnya.

Selanjutnya, dirinya juga berharap, setelah dibukanya kesempatan CPNS ini, secepatnya pula pemerintah membuka lowongan penerimaan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK (P3K). Karena, di samping masih dibutuhkannya ASN di beberapa OPD lingkup Pemkab Katingan, juga cukup banyaknya Tenaga Harian Lepas () yang sebenarnya cukup berpotensi dalam kinerjanya untuk dijadikan statusnya sebagai bagian dari ASN “Sehingga, mereka yang THL ini selain lebih terjamin statusnya, semangat kerjanya pun lebih meningkat,” ujar anggota dewan dua periode ini. (dar)

Di tempat terpisah, kepala Badan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Katingan, selaku instansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan yang membantu tugas Bupati dalam penyelenggaraan urusan bidang kepegawaian, dan pelatihan, Bambang Harianto menyebutkan, pelamar yang mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkab Katingan pada tahun 2024 ini jumlahnya sekitar Rp 1.010 pelamar. Sedangkan jumlah kuota yang diperebutkan sekitar 201 orang, yang terdiri dari beberapa formasi. (abu)