Kepala OPD dan 13 Camat se-Kabupaten Katingan Ikuti Rapim Tepra dan Rakordal

Usai membuka acara Rapim Tepra dan Rakordal pelaksanaan rencana pembangunan Kabupaten Katingan triwulan III tahun 2024, Sekda Katingan Pransang, foto bersama sejumlah kepala OPD, Asisten, Staf Akhli dan belasan Camat se-Kabupaten Katingan, Selasa pagi (15/10/2024), di aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan

BALANGANEWS, – Puluhan Kepala Organisasi (OPD), sejumlah Asisten, Staf Akhli dan 13 Camat se ikuti Rapat Pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) pelaksanaan rencana Kabupaten triwulan III tahun 2024, Selasa pagi (15/10/2024), di aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan, yang dipimpin dan dibuka langsung oleh Sekda Katingan, Pransang.

Pj Katingan Sutoyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda setempat, Pransang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka efisiensi, akuntabilitas evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Sedangkan harapannya, menggambarkan sejauh mana capaian kinerja perangkat daerah dalam pelaksanaan program/kegiatan yang bersumber dari APBD Kabupaten Katingan, yang meliputi Pendapatan Asli Daerah ().

Yaitu, lanjutnya, daerah, retribusi daerah, dana perimbangan dan penerimaan lain-lain yang sah serta belanja daerah uang terbagi menjadi belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer. “Tujuannya, untuk mewujudkan konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan sampai dengan September 2024 yang lalu,” kata Pransang.

Terkait dengan pelaksanaan Rapim Tepra dan Rakordal triwulan III ini, menurutnya merupakan momentum yang baik bagi seluruh perangkat daerah dan kecamatan untuk mencermati capaian kinerja sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam pencapaian target pembangunan daerah Kabupaten Katingan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Katingan 2024 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Katingan tahun 2024. “Sehubungan dengan itu, saya minta agar seluruh perangkat daerah dan pihak kecamatan agar fokus dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” pintanya.

Sekedar diketahui, pada Oktober 2024 ini, kita juga akan melakukan pembahasan APBD tahun anggaran 2025. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah dan kecamatan diharapkan program dan kegiatan harus mendukung tema pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPD Kabupaten Katingan tahun 2025. “Yaitu meningkatkan pembangunan melalui pemerataan dan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat untuk kemajuan daerah,” ingatnya.

Selain itu, lanjutnya, RKPD Kabupaten Katingan tahun anggaran 2025 harus dapat mengakomodir pemenuhan pelayanan dasar seluruh masyarakat Kabupaten Katingan dan berkomitmen menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. “Serta inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Katingan,” tandasnya. (abu)