Persetujuan 3 Unsur Pimpinan untuk Dilantik Sudah Diterima

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Katingan, Yudea Pratidina

BALANGANEWS, – Persetujuan 3 unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () yang diusulkan ke Kalteng beberapa pekan yang lalu untuk dilantik menjadi ketua, wakil ketua (waket) I dan waket II definitif DPRD Kabupaten Katingan sudah diterima di sekretariat DPRD (setwan) setempat. Demikian kata Ketua Sementara DPRD Kabupaten Katingan, Yudea Pratidina kepada sejumlah awak media, Selasa (15/10/2024) via telpon selulernya.

Dengan sudah diterimanya surat persetujuan dari Gubernur Kalteng usulan 3 unsur pimpinan DPRD defintif atas nama Marwan Susanto, Nanang Suriansyah dan Wiwin Susanto tersebut, menurut Yudea Pratidina, DPRD Kabupaten Katingan akan secepatnya pula untuk mempersiapkan pelantikannya. “Saat ini, kami persiapkan, dan dalam waktu yang tidak beberapa lama lagi akan menggelar paripurna pelantikan 3 unsur pimpinan DPRD dimaksud,” ungkap legislator ini.

Besok, kata Yudea Pratidina, pihaknya akan melaksanakan rapat internal bersama anggota DPRD Kabupaten Katingan yang lainnya, sambil berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Kasongan. “Karena, yang akan melantik dan mengambil sumpah/janjinya nanti adalah ketua PN Kasongan,” terangnya.

Di dalam rapat paripurna pelantikan nanti, pihaknya menurutnya akan mengundang Penjabat (Pj) Bupati Katingan Sutoyo, Sekda Pransang, Staf Akhli Bupati, Asisten dan seluruh kepala Organisasi (OPD) lingkup Pemkab Katingan, Forkopimda, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, BUMD, , pihak Perbankan dan sejumlah undangan lainnya.

Dengan dilantik dan diambilnya sumpah/janji 3 unsur pimpinan nantinya, maka, lanjutnya, akan segera pula sejumlah agenda DPRD Kabupaten Katingan untuk diselesaikan dalam waktu yang tersisa dua bulan pada tahun anggaran 2024 ini.

Diantara beberapa agenda yang akan dibahas tersebut menurutnya, seperti Alat Kelengkapan DPRD (AKD) yang meliputi pembentukan komisi-komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Peraturan Daerah (Baperda) dan Badan Kehormatan (BK), LPJ Bupati Katingan tahun anggaran 2023, KUA PPAS, Perda tahun 2025 serta agenda lainnya. “Semoga dalam minggu ini tiga unsur pimpinan DPRD Kabupaten Katingan dapat dilantik,” harapnya. (abu)