Sekda Berharap Semua Agenda DPRD Segera Dibahas

Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang

, – Seperti yang kita saksikan bersama, Kamis (17/10/2024) kemarin, tiga unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan untuk masa jabatan 3024-2029 sudah dilaksanakan, di ruang paripurna DPRD setempat.

Dan ditetapkan sebagai ketua DPRD Kabupaten Katingan. Sementara Nanang Suriansyah sebagai waket I dan Wiwin Susanto sebagai waket II.

Oleh karena itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang berharap semua agenda DPRD segera dibahas oleh unsur pimpinan beserta seluruh anggota DPRD setempat. “Seperti KUA PPAS, Raperda APBD 2025 LPJ Bupati. Katingan tahun anggaran 2023 dan sejumlah agenda lainnya bisa terselesaikan sebelum mengakhiri tahun anggaran 2024 ini,” harap Pransang.

Kendati pembahasannya nanti akan melibatkan antara legislatif dengan eksekutif atau antara DPRD dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, namun dirinya mengaku optimis semua agenda tersebut berjalan lancar dan bisa terselesaikan sebelum berakhirnya tahun 2024 ini.

Agar pembahasan semua agenda tersebut berjalan lancar dan cepat terselesaikan, dirinya meminta dengan tegas kepada semua kepala Organisasi (OPD) lingkup yang terlibat dalam pembahasan agenda dimaksud bersama DPRD selalu rutin hadir saat pembahasan berlangsung. “Sehingga, dapat mempercepat selesainya pembahasan agenda tersebut,” tegasnya.

Kalau cepat selesai menurutnya akan lebih cepat pula nantinya untuk mempersiapkan semua perencanaan program kegiatan untuk di tahun anggaran 2025 mendatang. Karena, diantara bulan Desember 2024 jelang tahun 2025 ini, Pemkab Katingan  menurutnya, juga masih mempunyai agenda di internal. Salah satu diantaranya mempersiapkan malam pisah sambut tahun baru 2025.

Kesimpulannya, dirinya berharap dengan sangat, pembahasan KUA PPAS dan Raperda APBD tahun anggaran 2025 ini nantinya bisa secepatnya selesai dan ditetapkan sebagai Perda APBD tahun anggaran 2025. “Sehingga, semua program dan kegiatan di tahun 2025 yang akan datang bisa secepatnya pula dilaksanakan, seraya menjelaskan, dengan cepatnya semua program pembangunan yang dikerjakan oleh masing-masing OPD, maka masyarakat Katingan juga akan lebih cepat pula menikmati hasil pembangunannya.

Menjawab pertanyaan media, semua dokumen atau draf RAPBD tahun anggaran 2025 yang akan dibahas menurutnya sudah diserahkan ke sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten Katingan. DPRD tinggal menentukan jadwal pembahasannya saja. “Artinya, begitu kami menerima undangan dari DPRD untuk membahas agenda dimaksud, kami siap hadir,” pungkasnya. (abu)