Wabup Pimpin Apel Pengendalian Karhutla

Wabup Katingan Sunardi NT Litang, Kapolres Katingan dan Perwira Penghubung serta Kejaksaan Negeri Katingan saat memeriksa sarpras untuk pencegahan dan penindakan Karhutla, Kamis pagi (4/3/2021) di halaman kantor Bupati setempat

BALANGANEWS, KASONGAN – Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi NT Litang pimpin apel pengendalian hutan dan lahan (), Kamis pagi (4/3/2021) di halaman kantor Bupati Katingan.

Hadir dalam apel tersebut, selain AKBP Andri Siswan Ansyah beserta jajarannya, juga sejumlah kepala Organisasi (OPD) lingkup terkait, Perwira Penghubung (Pabung beserta jajarannya dan sejumlah undangan lainnya.

Wabup Katingan Sunardi NT Litang dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat Menteri tentang pengendalian Karhutla beberapa waktu lalu, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan akan menindaklanjuti dengan melaksanakan rapat pembentukan satuan tugas (Satgas) pencegahan pada 4 Maret 2021.

Oleh karena itu dirinya berharap kepada seluruh anggota satgas dalam penanganan darurat bencana Karhutla yang terbentuk hingga ke tingkat desa nanti agar selalu bersinergi.

Selanjutnya, dalam menghadap Karhutla di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, dirinya meminta kepada satgas agar mengutamakan upaya pencegahan dini, dengan cara memetakan daerah rawan Karhutla dan pemetaan daerah peladang atau , memonitor areal rawan hotspot dan titik api, pemantauan kondisi harian di lapangan (patroli).

“Memonitoring dan mengawasi harus sampai ke bawah,” ujar orang nomor dua di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Dan, lanjutnya, dalam hal itu libatkan pula Babinsa, , Kades, Satgas Kebencanaan di desa dalam penanganan Karhutla, ajak tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Ke semuanya itu  untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat melalui sosialisasi yang humoris,” jelasnya. (abu)