Dewan Menyambut Baik Digelarnya Muswil Muhammadiyah Kalteng di Kasongan

waket
Wakil Ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah

, KASONGAN – Wakil Ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah menyambut baik digelarnya Musyawarah Wilayah (Muswil) Muhammadiyah Provinsi Kalimantan Tengah () di Kasongan Kabupaten Katingan. Ucapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, saat dirinya menghadiri kegiatan tersebut, Sabtu pagi (11/2/2023), di gedung serbaguna Salawah – Kasongan Kabupaten Katingan.

Alasannya, selain daerah kita merasa menjadi perhatian dari Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah, ajang seperti ini juga dapat mempromosikan seni, kebudayaan dan beragam obyek daerah Kabupaten Katingan. “Sekaligus berdampak terhadap meningkatnya pendapatan masyarakat setempat, meskipun hanya beberapa hari saja,” kata Nanang.

Selanjutnya, Nanang menyebutkan dampak peningkatan penghasilan dimaksud, diantaranya usaha sejumlah perhotelan dan losmen tempat peserta menginap, pendapatan pemilik rumah makan dan warung makan, pengusaha catringan hingga UMKM.

Sedangkan terkait Muswil dimaksud dirinya berharap PW Muhammadiyah Kalteng dan Pengurus (PD) Muhammadiyah di masing-masing Kabupaten dan Kota lebih eksis dan maju lagi, termasuk dalam dunia pendidikannya. “Juga, di sektor kesehatan dan di sektor lainnya, seperti membina ummat beragama,” ujarnya.

Seperti kita ketahui selama ini, khusus di dunia di Kabupaten Katingan yang dikelola Muhammadiyah sejak Katingan menjadi Kabupaten Katingan, bukan pendidikan dasar (ibtidiyah) hingga Aliyah saja yang kian tahun semakin meningkat, melainkan juga perguruan tingginya.

Hal ini terbukti sudah puluhan masyarakat Katingan (alumni) Universitas Muhammadiyah (UMP) Kampus II Kasongan yang menjadi pejabat. Baik pejabat di birokrasi maupun pejabat di legislatif. Bahkan di Yudikatif.

Oleh karena itu, legislator berlambang pohon beringin ini berharap kepada siapapun pengurusnya nanti, PW Muhammadiyah ini tetap eksis dalam sisi pembinaan ummat dan pendidikan. Sehingga, dapat pula mencetak generasi-generasi yang intelektual, yang dapat meneruskan daerah kita ke depannya. “Baik daerah Provinsi maupun daerah-daerah Kabupaten dan Kota di Kalteng ini,” pungkas anggota dewan yang juga ketua Partai ini. (abu)