Disdik Sampaikan Guru Honorer Lulus P3K Tanpa Tes 284 Orang

WhatsApp Image 2023 03 28 at 10.00.32 AM
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan, Feriso, SE

, – Tenaga pendidik (guru) atau yang berstatus Tenaga Harian Lepas () di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan yang berhasil lulus menjadi P3K tanpa tes sebanyak 284 orang. Demikian yang dikatakan kepala Dinas (Disdik) , Feriso, SE kepada sejumlah awak media, Senin (27/3/2023), di ruang kerjanya

Padahal yang mengajukan permohonan untuk menjadi P3K pada tahun 2022 yang lalu itu menurut Feriso, sebanyak 403 peserta yang sudah mengabdikan dirinya menjadi tenaga pengajar sekitar 3 tahun.

Usut punya usut menurutnya, alasan yang lulus hanya 284 orang peserta saja ternyata lantaran ada syarat lainnya. Yakni guru yang bersangkutan harus linier antara ilmu yang diperolehnya di Perguruan Tinggi (PT) dengan mata pelajaran yang diajarkannya kepada anak muridnya (siswanya). “Artinya, guru berstatus honorer yang lulus P3K tanpa tes, yang 284 orang di tahun 2022 itu, selain sudah mengabdi sebagai guru honor selama 3 tahun, juga antara ilmu yang diraihnya di PT itu, linier dengan mata pelajaran yang diajarkannya di sekolah yang bersangkutan,” jelas Feriso.

Khusus untuk seleksi P3K yang umum pada tahun 2023 beberapa waktu lalu menurutnya, peserta tidak harus sudah mengabdi sebagai guru selama 3 tahun. Namun peserta diwajibkan pula mengikuti tes seleksi. “Dari 124 orang peserta yang mengikuti tes tersebut, hanya 3 orang saja yang berhasil lulus P3K,” sebutnya.

Alasannya menurut sebagian besar peserta, soal tes yang disediakan untuk dijawab oleh peserta sangat sulit, sama dengan soal ketika ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil ().

Padahal, lanjutnya, khusus kuota berstatus P3K  yang diberikan kepada Kabupaten Katingan sekitar 600 orang lebih. Dan sampai sekarang yang bisa terisi hanya sekitar 45 persen saja atau sekitar 287 orang saja. “Semoga ke depannya bisa kita penuhi, dengan harapan dapat pula memenuhi kekurangan guru di beberapa sekolah yang ada di daerah kita,” harapnya. (abu)