Lanjutkan Budaya Gotong Royong di Daerah Kita

1750

BALANGANEWS, KASONGAN – Tanggal 11 Mei 2023 yang akan datang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas terkat akan melaksanakan Bulan Bakti Gotong Rotong Masyarakat (), di Kecamatan Sanaman Mantikei.

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Katingan. Sedangkan yang turut hadir bukan hanya Wakil Bupati (Wabup), Sekretaris Daerah (Sekda) dan seluruh kepala Organisasi (OPD) lingkup Pemkab setempat serta para Camat, Kepala Desa (Kades)/Lurah, Ketua RT dan RW saja, melainkan juga dan pimpinan serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Wakil Ketua (Waket) DPRD setempat, Nanang Suriansyah saat dikonfirmasi terkait rencana digelarnya BBGRM dimaksud, Senin siang (8/5/2023), di ruang loby DPRD setempat, kepada sejumlah awak media membenarkan, pimpinan dan semua anggota DPRD akan hadir dalam kegiatan BBGRM tersebut.

“Karena, kegiatan yang digelar setiap tahunnya itu sangat bermanfaat, bukan saja bagi Pemkab, tapi juga bagi masyarakat Katingan secara umum,” katanya.

Manfaat yang kita rasakan dari BBGRM dimaksud, jika kita laksanakan secara bersungguh-sungguh menurutnya, ke depannya akan kita rasakan bahwa sifat gotong-royong itu maju bersama dalam membangun daerah, demi kemajuan daerah kita menuju masa depan yang lebih baik dan sejahtera. “Oleh karena itu, mari kita lanjutkan budaya gotong-royong di daerah yang kita cintai ini,” ajak legislator berlambang pohon beringin ini.

Selanjutnya dirinya juga menerangkan tentang kegiatan yang juga dilaksanakan secara ini, dengan maksud untuk memberikan motivasi kepada seluruh pemangku kepentingan, baik di jajaran Pemkab Katingan, Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta seluruh RT dan RW.

Sedangkan tujuannya, lanjutnya, dalam rangka memberikan penyadaran kepada pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat agar tetap melanjutkan budaya gotong-royong yang sudah dilakukan oleh para orang tua kita dahulu. “Bukan hanya dipertahankan saja, akan tetapi, semakin dilestarikan,” terangnya.

Menjawab pertanyaan media, sebelum Katingan menjadi Kabupaten, masyarakat Katingan hingga kini sebagian besar masih memiliki sifat kegotong-royongan dimaksud. Contohnya, saat berladang para bersama-sama dan ketika ada kegiatan membersihkan lingkungan, juga dilaksanakan bersama. “Semoga kebersamaan ini dapat kita lanjutkan secara rutin,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan hingga Bukit Raya ini. (dar)