DPRD Berharap Lulusan SMA, MAN dan SMK Sederajat Melanjutkan ke PT

WhatsApp Image 2023 05 12 at 3.36.42 PM
H Hanafi

, KASONGAN – H Hanafi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () berharap siswa SMA, MAN dan dan sederajat yang baru lulus tahun 2023 ini agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke Perguruan Tinggi. Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at (12/5/2023) , saat dirinya menghadiri perpisahan siswa Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) di Kereng Pangi .

Pasalnya, menurutnya penting, baik terkait dengan ilmu pengetahuan umum maupun ilmu pengetahuan agama dan pengetahuan khusus lainnya. Hal ini sangat erat hubungannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM). “Dan kian meningkat SDM seseorang, akan semakin mumpuni pula untuk menuju kebaikan dan kesuksesan,” katanya.

Karena, pendidikan menurutnya sangat dibutuhkan oleh semua insan yang hidup di dunia ini. Baik ilmu dunia maupun ilmu untuk akhirat. Khusus untuk ilmu dunia yang kita raih adalah bukan hanya untuk menuju pekerja kantoran saja, baik negeri maupun swasta saja. “Tapi bisa juga untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri, guna meraih masa depan yang baik,” ujarnya.

Sedangkan ilmu agama, lanjutnya, untuk bekal kita hidup di akhirat menurutnya, jangan juga ditinggalkan. Oleh sebab itu, bagi siswa yang lulusan MAN diimbau agar melanjutkan kuliahnya di PT yang religi. “Salah satunya di IAIN,” sebut legislator berlambang Ka’bah ini.

Karena, untuk IAIN menurutnya, selain sesuai dengan jurusan ilmu yang mereka peroleh selama menimba ilmunya di MAN, jika lulus nanti di PT tersebut, dapat pula melanjutkan ke Sarjana Strata (S2), atau, jika ingin melamar pekerjaan pun, juga bisa diterima baik sebagai maupun sebagai guru agama di swasta. “Bahkan, dapat pula membimbing atau mengajari anak didik di generasi berikutnya. Khususnya ilmu agama (Islam),” terang anggota dewan asal dapil I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini, seraya contohnya, yaitu memberikan les secara privat atau di lembaga (yayasan). (abu)Â