Sebanyak 9500 Paket Sembako Digratiskan untuk Masyarakat Kobar

, – Menyambut Hari Raya 1445 H, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran buka di Aula Desa Amin Jaya, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (14/6/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan kegiatan Pasar Murah ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hewan qurban, yang dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng secara serentak.

“Kegiatan ini adalah upaya untuk menekan angka inflasi, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H. Tahun ini total hewan qurban yang disalurkan ke 14 Kabupaten/Kota adalah 1000 ekor sapi,” ujarnya.

Gubernur mengungkapkan, saat ini Pemprov Kalteng fokus dalam menjalankan program infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit Provinsi di Hanau, mudah-mudahan masyarakat Kalimantan Tengah bisa berobat dan mendapatkan pelayanan terbaik. Tidak perlu berobat ke provinsi sebelah, karena fasilitas tidak kalah dengan Rumah Sakit yang ada di kota besar,” imbuhnya.

Sugianto Sabran juga menambahkan, untuk meningkatkan SDM di Kalteng, Pemprov juga akan membangun universitas yang tidak kalah dengan UI dan ITB.

“Generasi muda Kalteng 90 persen minimal harus S-1, kalau bisa lanjut ke S-2, S-3 dan jadi profesor,” pungkasnya.

Pada Pasar Murah di Desa Amin Jaya ini, tersedia 2000 paket sembako yang berisikan beras 10 Kg dan 900 ML senilai Rp192.500, kemudian disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500 dan disubsidi lagi oleh Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran sebesar Rp20.000, sehingga paket sembako tersebut gratis untuk masyarakat.

Selain di Desa Amin Jaya, Gubernur juga membuka Pasar Penyimbang di empat titik lokasi lainnya, yakni Kantor Desa Pangkalan Banteng 2000 paket, Aula Kantor Desa Pangkalan Tiga 3000 paket.

Kemudian, Kantor Desa Sungai Melawen 500 paket dan Desa Bumi Harjo 2000 paket. Sama seperti di Desa Amin Jaya, paket sembako di empat titik lokasi tersebut juga disubsidi oleh Pemprov Kalteng, Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran dan Komisaris Utama Rahmat Hidayat, sehingga digratiskan untuk masyarakat. (asp)