Peletakan Batu Pertama, Kalteng Akan Ada Pabrik Pakan Ternak

WhatsApp Image 2023 09 09 at 4.01.00 PM (1)

, KOTIM – Wakil Gubernur (Wagub) , H. melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Pabrik Pakan yang terletak di Desa Bukit Harapan SP III-G, Kecamatan Parenggean, Kabupaten (Kotim), Sabtu (9/9/2023).

Pembangunan parbrik pakan tersebut, merupakan komitmen Pemerintah Provinsi () Kalteng menjawab tantangan masih rendahnya populasi dan produksi beberapa produk peternakan di Kalimantan Tengah.

“Pembangunan pabrik pakan ini merupakan salah satu program prioritas tahun 2023 sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Edy Pratowo saat mewakili Gubernur Kalteng pada peletakan batu pertama pembangunan pabrik pakan tersebut.

Edy menuturkan, kehadiran pabrik pakan ini sekaligus menjawab keraguan bahwa Kalimantan Tengah mampu menyediakan bahan baku pakan yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga kedepannya dapat mendorong investasi usaha peternakan yang lebih luas.

Pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Haparan, Kecamatan Parenggean mempunyai kapasitas produksi 10 ton/jam atau 80 ton/hari, yang memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia dan ikan.

“Pembangunannya dilakukan secara bertahap, tahap pertama adalah bangunan produksi dan kantor. Pada tahap berikutnya adalah pengadaan peralatan serta bangunan pendukung lainnya. Oleh karena itu, tahun 2024, disiapkan untuk penganggarannya, sehingga pabrik pakan ini sudah dapat segera beroperasi,” jelasnya.

Wagub juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur beserta jajarannya, Camat Parenggean, Kepala Desa dan masyarakat Desa Bukit Harapan SP III-G yang menghibahkan lahan untuk lokasi pembangunan Pabrik ini.

“Saya juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua pihak terkait, ini sebagai awal kita membangkitkan sektor khususnya ketahanan di Kalimantan Tengah sehingga kita menjadi provinsi yang mampu , mewujudkan masyarakat semakin sejahtera, sesuai tujuan kita menciptakan masyarakat Kalimantan Tengah yang semakin Berkah,” pungkasnya. (asp)