Lapas Sampit Gelar Razia untuk Cegah Gangguan Keamanan dan Peredaran Barang Terlarang

, KOTAWARINGIN TIMUR – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB , Kanwil , kembali menggelar razia pada blok hunian warga binaan pada Sabtu (5/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtib), sekaligus memperkuat komitmen dalam menciptakan yang bebas dari handphone, pungutan liar, dan , atau yang dikenal dengan “Zero Halinar.”

Razia dipimpin oleh Plh Kepala KPLP Mathali, bersama Kasubsi Peltatib Eko Prasetyo Utomo, dan sejumlah staf KPLP serta anggota pengamanan lainnya.

Dalam razia ini, petugas memeriksa badan warga binaan dan menggeledah kamar hunian guna memastikan tidak ada barang terlarang yang beredar di dalam lapas.

Hasil razia kali ini menemukan beberapa barang yang dilarang, seperti dua handphone, sebuah stop kontak/kabel rakitan, dua charger, sebuah senjata tajam rakitan, dan sebuah gunting. Semua barang tersebut disita oleh petugas untuk diamankan dan selanjutnya akan dimusnahkan sesuai prosedur.

Plh. Kepala KPLP Lapas Sampit, Mathali menegaskan bahwa Lapas Sampit berkomitmen untuk menjaga lingkungan yang aman dan bebas dari barang-barang terlarang.

“Komitmen kami jelas bahwa barang terlarang tidak boleh masuk ke Lapas Sampit. Dengan terlaksananya razia ini, lingkungan Lapas menjadi lebih aman dan kondusif, sehingga warga binaan bisa menjalani masa hukumannya dengan baik,” ujar Mathali.

Sementara itu, Kepala Lapas Sampit, Meldy Putera, mengapresiasi kinerja tim pengamanan yang selalu sigap dalam menjaga ketertiban di Lapas.

“Saya berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan pengamanan yang terus aktif mencegah gangguan keamanan. Dengan adanya razia rutin seperti ini, saya berharap kita bisa terus menjaga stabilitas keamanan, sehingga Lapas Sampit tetap menjadi tempat yang kondusif untuk rehabilitasi warga binaan,” tutur Meldy.

Kegiatan razia ini berjalan lancar dan aman. Lapas Sampit akan melaporkan hasil razia kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian dan HAM Kalimantan Tengah, sebagai bagian dari upaya menciptakan Lapas yang aman dan tertib. (asp)