Enam Kapolres di Kalteng Dimutasi

– Enam kepala kepolisian resort (Kapolres) di lingkup , mengalami pergeseran. Kabid Humas Polda Kalteng Kombes  Hendra Rochmawan membenarkan terkait adanya mutasi enam kapolres tersebut.

“Mutasi jabatan enam kapolres jajaran Polda Kalteng tertuang dalam Surat nomor : ST/2855/X/Kep./2019 yang belum lama ini kami terima,” kata Hendra di Palangka Raya, Jumat (25/10/2019).

Enam kapolres yang menerima mutasi tersebut yakni Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Arie Zulkarnain Sirait mendapatkan jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Kalteng. Sedangkan jabatannya kini di duduki oleh AKBP Dharma B Ginting.

Sedangkan posisi Kapolres Katingan dijabat AKBP Andri Siswan Ansyah yang sebelumnya menjabat sebagai pejabat sementara Irbid Itwasda Polda Kalteng. Selanjutnya AKBP Tejo Yuantoro dimutasi sebagai Wadirpolairud Polda Sumatera Barat.

Jabatan Kapolres Kapuas kini diserahkan ke Kapolres Murung Raya AKBP Esa Estu Utama, sedangkan jabatan Kapolres Murung Raya dijabat AKBP Darmeshwara yang sebelumnya menduduki jabatan pejabat sementara Kabagbinops Roops Polda Kalteng.

Berikutnya, Kapolres AKBP Ramon Zambora Ginting dimutasikan ke Kabagbinops Roops Polda Kalteng sedangkan penggantinya adalah Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Kalteng AKBP Agung Tri Widiantoro.

Selain enam orang kapolres jajaran di Polda Kalteng yang menerima mutasi dari Kapolri, dua mutasi juga diterima dua pejabat utama polda setempat. Dua pejabat utama yang dimutasi pimpinan polri yakni Dirsamapta Polda Kalteng Kombes Pol Andreas Wayan Wicaksono dimutasikan ke Polda .

Posisi Dirsamapta Polda Kalteng dipercayakan kepada Dosen Utama Akpol Lemdiklat Polri Kombes Pol Susilo Wardono. Selanjutnya, Kabidpropam Polda Kalteng Kombes Pol Sakeus Ginting mendapatkan jabatan baru sebagai Kabaggaktibplin Roprovos Divpropam Polri.

Posisi Kabidpropam Polda Kalteng kini dijabat oleh AKBP Raden Firdaus Kurniawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagtrimlap Bagyunda Divpropam Polri.

“Mutasi yang baru saja lakukan oleh Kapolri merupakan hal yang biasa terjadi diinstitusi kepolisian. Tujuannya yaitu untuk memberikan penyegaran dan juga pengembangan karier personel Polri itu sendiri,” bebernya.

Dalam waktu dekat ini, Polda Kalteng akan melakukan acara serah terima enam jabatan kapolres dan dua pejabat utama Polda Kalteng, sesuai dengan aturan yang selama ini berlaku di tubuh Polri. (ant/ari)