Dilantik Jadi Sekretaris Disdik, Mofit Saptono Sekaligus Plt Kadisdik Kalteng

– Struktur pejabat pada Provinsi Kalimantan Tengah kembali mengalami pergeseran, sosok Mofit Saptono yang sebelumnya disebut akan memimpin salah satu dinas strategis tersebut, akhirnya resmi dilantik.

Mofit dilantik sebagai Sekretaris Disdik sekaligus sebagai Plt , hingga pejabat definitif diangkat dan dilantik. Pelantikan dipimpin oleh Gubernur pada Jumat (25/10) malam, bertempat di aula Eka Hapakat Setda Kalteng, Palangka Raya bersama dengan sejumlah pejabat lainnya.

“Salah satu yang menjadi prioritas saat ini adalah bidang pendidikan, jadi sudah menjadi tugas pejabat baru untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Sugianto.

Mofit dituntut untuk bisa membuat terobosan-terobosan baru yang bisa meningkatkan kualitas di bidang pendidikan. Agar indeks pembangunan manusia (IPM) Kalteng yang sudah cukup tinggi yakni sekitar 7,42 bisa terus ditingkatkan.

“Sebab sumber daya manusia (SDM) inilah yang memegang peranan penting untuk bisa mengubah masa depan,” tegasnya.

Pihaknya ingin generasi penerus di Kalteng tak hanya sebatas cermat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) saja, namun harusnya sudah dilengkapi kemampuan yang cukup dalam mengolah dan menjadikan sesuatu bernilai lebih tinggi.

Keseriusan pada bidang pendidikan bagi Sugianto bukanlah hal yang main-main, dirinya menegaskan pada tahun 2021 mendatang akan lebih mempertajam lagi program dan kegiatan pada bidang tersebut.

Bahkan ia merencanakan agar bisa mengalokasikan daerah dengan porsi antara 30-35 persen untuk bidang pendidikan. Jika realisasi, persentase tersebut tentu meningkat dibandingkan saat ini yakni sekitar 28 persen.

“Pemilihan Mofit sebagai Plt Kadisdik Kalteng melalui pertimbangan yang matang. Sehingga dipilihnya Mofit menggantikan pejabat sebelumnya bisa benar-benar membawa perubahan nyata dan kemajuan pada bidang pendidikan,” tegasnya.

Sementara itu pejabat lainnya yang juga bertindak sebagai Plt, yakni Rahmawati sebagai Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kalteng, Said Salim sebagai Plt Kepala Biro Administrasi, Perekonomian dan SDA Setda Kalteng, serta Norliani sebagai Plt Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Kalteng.

Kepala Katma F Dirun memaparkan, lelang jabatan akan dilaksanakan secepatnya. Saat ini pihaknya baru saja selesai menggelar uji kesesuaian jabatan atau job fit terhadap 24 pejabat tinggi pratama dan gubernur pun sudah menerima rekomendasi dari tim seleksi.

“Kemudian akan kami konsultasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), mungkin nantinya akan ada yang tetap maupun bergeser. Setelah itu baru dilaksanakan lelang jabatan dan dipastikan semua yang kosong akan terisi,” tegasnya. (ant/ari)