Konsultasi Publik Tentang RPD Murung Raya 2024-2026

37

, – Mewakili Pemerintah Kabupaten , Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon secara resmi membuka kegiatan rapat konsultasi publik tentang Rencana Daerah (RPD) Kabupaten Murung Raya tahun 2024 2026, yang berlangsung di gedung pertemuan umum tira tangka balang pada Rabu (18/1/2023).

Dalam sambutannya, Hermon mengatakan bahwa Kepala Daerah yang akan berakhir masa jabatannya pada 2023, diminta untuk menyusun dokumen rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2024-2026 sebagai pengganti RPJMD Kabupaten Murung Raya tahun 2018-2023 sesuai dengan amanat yang di instruksikan.

Yang bertujuan sebagai pedoman penyelenggaraan Pemerintah bagi pejabat Pemerintah Daerah dalam masa transisi, sampai kepala daerah terpilih dilantik.

“Konsultasi publik merupakan tahap musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang aspiratif, partisipasi, dan terpadu, dengan melibatkan berbagai unsur dan masyarakat untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan,” tutur Hermon.

Bahkan ia mengatakan ada beberapa poin-poin inti yang menjadi fokus dalam RPD tahun 2024-2026 yaitu gambaran umum, permasalahan dan isu strategis, hingga strategi dan arah kebijakan, serta program prioritas maupun kerangka pendanaan.

“Rancangan awal RPD tahun 2024-2026 ini menjadi sangat penting untuk memastikan adanya kepentingan umum, akuntabilitas, rasionalitas, efektivitas, efisiensi, pasif, kesinambungan, serta keselarasan dan sesuaian dengan peraturan perundang-undangan,” ungkap Hermon. (USW/Rk1)