Giliran BPD se-Mura Ikuti Pelatihan untuk Tingkatkan Kapasitasnya

Whatsapp Image 2023 11 28 At 12.04.58 Pm

, – Setelah Aparatur Desa melalui Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten (Mura) yang diberikan pelatihan dan bimbingan dalam meningkatkan kapasitasnya kemarin, Senin (27/11/2023) yang dimulai pagi hingga selesai selama 1 (satu) hari.

Masih di tempat yang sama, tepatnya di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang (TTB) hari ini, Selasa (28/11/2023) yang dimulai pagi hingga selesai sore nanti.

Kegiatan tersebut dilanjutkan bagi Badan Permusyawaratan Desa () melalui Ketua BPD se-Kabupaten Murung Raya (Mura) yang mendapatkan bimbingan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitasnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah ().

Tidak tanggung-tanggung, saat ditanyakan Balanganews.com kepada salah satu Kepala Seksi (Kasi) di Bidang I Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Pemda Kabupaten melalui DPMD Kabupaten mendatangkan 4 (empat) Nara Sumber sekaligus dari Pemerintah Pusat yakni 2 (dua) orang dari Kementerian Dalam Negeri () dan 2 (dua) orang dari Kementerian Desa (Kemendes PDTT).

“Benar kami dari DPMD Kabupaten Murung Raya mengundang 4 (empat) orang narasumber dengan rincian 2 (dua) orang dari Kemendagri serta 2 (dua) orang lagi dari Kemendes,” sampainya kepada Balanganews.com.

Tambahnya kembali dalam materi yang disampaikan kepada BPD yaitu memperkuat peran dan fungsi BPD dalam menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Perdes), menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat Desa serta melakukan pengawasan kinerja Pemerintah Desa () termasuk Kepala Desa (Kades).(Red/Adm)