Tambak Udang Vaname, Upaya Gubernur Kalteng Perkuat Ekonomi

Whatsapp Image 2023 11 28 At 11.34.23 Am

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA atau seluas 40,17 hektare (Ha) yang dibangun di Desa Sungai Raja, Kabupaten , Kalimantan Tengah (Kalteng), merupakan salah satu program unggulan dari Kalteng dalam memperkuat sektor ekonomi.

Kalteng, H. Sugianto Sabran optimis program shrimp estate dapat menjadikan udang vaname sebagai komoditi andalan dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta menyerap tenaga kerja lokal.

“Hal ini memberikan dampak positif secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat serta menjadi trigger bagi daerah pesisir lainnya di Kalteng. Terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang global, maka inovasi dan terobosan strategis yang mendorong produktivitas, kemajuan, dan kesejahteraan rakyat harus terus dilakukan,” ucap Gubernur baru-baru ini.

Sugianto menjelaskan, pembangunan tambak udang vaname menjadi salah satu solusi tepat dalam mempercepat perekonomian daerah Kalteng.

“Oleh karena itu, Saya menegaskan pentingnya inovasi dan terobosan yang dapat langsung menyentuh masyarakat. Pembangunan Tambak Udang Vaname merupakan langkah tepat sebagai daya ungkit perekonomian daerah pesisir,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Provinsi Kalteng, menambahkan, pembangunan Tambak Udang Vaname Kalteng yang berada di Kabupaten Sukamara dikawal oleh para tenaga profesional akuakultur dan tenaga profesional laboratorium dari Denfarm PT. Central Proteina (CP) Prima Sidoarjo, dan juga melibatkan tenaga kerja lokal yang telah dilatih.

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perikanan Budidaya Air Payau dan Laut (PBAPL) Kumai menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), melibatkan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan), bumdes, kelompok pemuda, dan kelompok masyarakat perikanan lainnya.

“Maka itu kita harapkan menjadi tonggak keberhasilan dalam manajemen pengelolaan sehingga dapat berhasil memberikan manfaat bagi masyarakat pembudidaya khususnya di wilayah pesisir Kalteng,” jelas Darli. (asp)