Bimtek Pengelolaan Arsip Sekolah di Murung Raya

Whatsapp Image 2023 11 27 At 12.57.25 Pm

, – 100 orang pengelola kearsipan sekolah dari tingkat SD/MI, SLTP, dan SLTA sederajat di mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek).

Yang digelar Dinas dan Kearsipan () Murung Raya selama satu hari untuk pengembangan pengelolaan arsip berlangsung selama satu hari di aula Cahai Ondhui Tingang, Kamis (23/11/2023).

Mohammad Syahrial Pasaribu selaku Kadispursip Murung Raya menyampaikan tiga tujuan digelarnya bimtek ini pertama untuk meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan arsip berupa catatan, rekaman, kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai guna tinggi.

Kedua menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggung jawaban penyelenggaraan organisasi dan yang ke tiga meningkatkan penataan arsip yang sesuai dengan kaidah dan norma kearsipan di Sekolah.

“Untuk itu kami mengadirkan 2 (dua) orang narasumber dari Arsip Republik Indonesia untuk memberikan materi langsung kepada para peserta yaitu Dra. Prihatni Wuriyatmini, M. Hum Arsiparis Ahli Madya dan Pinandita Syafrisman, S.Sos Arsiparis Ahli Muda,” ungkap Kadispursip yang akrab disapa Syahrial.

Sementara, Plt. Sekretaris Daerah Murung Raya Serampang menekankan agar kegiatan ini bukanlah sekedar pengembangan wacana yang sifatnya seremonial dan tidak produktif.

“Saya minta saat kembali ke tempat tugas masing-masing, peserta bimtek harus dapat mengimplementasikan tata cara pengelolaan dan penataan arsip yang profesional, visioner, sinergi dan akuntabel, karena pengelolaan arsip yang tepat akan menciptakan administrasi sekolah yang benar, sehingga dapat menunjang efektivitas, maupun produktivitas bagi sekolah,” kata Serampang. (tim)