Upacara Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Murung Raya

Whatsapp Image 2023 12 09 At 12.24.34 Pm (1)

BALANGANEWS, PURUK CAHU – Bunda Kabupaten (Mura) Melsi Hermon secara resmi dikukuhkan oleh Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran, di M Bahalap Hotel Palangka Raya pada Jumat (8/12/2023) kemarin.

Selain bunda literasi Kabupaten Murung Raya juga terdapat nama-nama bunda literasi yang dikukuhkan antara lain bunda literasi Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, bunda literasi Kabupaten Sukamara Hj. Agustina Kaspinor, bunda literasi Kabupaten Agustina Sri Rejeki Erlin Hardi, bunda literasi Sumiati Syaiful dan bunda literasi Kabupaten Barito Timur Melly Novita Indra Gunawan.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng tanggal 8 Desember 202 dan merupakan rangkaian dari Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda Literasi Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023. dimana rakor dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni mewakili Gubernur Kalteng.

Sri Widanarni saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan peran bunda literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota sangatlah penting dalam membantu Pemerintah Daerah, untuk menggalakkan promosi gemar membaca dan sekaligus menyosialisasikan perpustakaan.

Pada forum strategis itu, ada beberapa hal yang disampaikan Sri Widanarni untuk menjadi perhatian bersama, antara lain meningkatkan kerja sama dan sinergi untuk mendukung Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur “Kalteng Makin BERKAH”, meningkatkan kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca pada setiap aspek masyarakat, dalam rangka mendorong penguatan Minat dan Budaya Baca Masyarakat.

Selain itu, khusus bagi Bunda Literasi, agar terus berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkan kegemaran membaca masyarakat, baik di keluarga, sekolah, maupun masyarakat serta membangun dan buka jejaring kerja sama dengan Lembaga pemerintah baik provinsi/kab/kota maupun pihak swasta dalam Pembudayaan Gemar Membaca.

Sementara itu, Bunda Literasi Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran usai mengukuhkan Bunda Literasi menyampaikan peran Bunda Literasi baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota sangatlah penting dalam membantu Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menggalakkan promosi gemar membaca dengan tujuan meningkatkan literasi keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat kepada para Bunda Literasi yang telah dikukuhkan dan saya mengharapkan dukungan dari para Bunda Literasi Se Kalimantan Tengah serta dari semua pihak agar cita-cita yang kita harapkan menjadi terwujud serta menjadi kenyataan. Selain itu, saya juga berharap nantinya akan terjalin pula koordinasi antara Bunda Literasi dengan Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat, Taman Bacaan, Komunitas Literasi dan Komunitas lainnya dalam rangka peningkatan pembudayaan gemar membaca khususnya di Kalimantan Tengah,” pungkas Ivo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng Nunu Andriani dalam laporannya menyampaikan Rapat Koordinasi Bunda Literasi Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 mengambil tema “Bunda Literasi Sebagai Roda Penggerak dengan Strategi Kolaborasi antar Lembaga secara Holistik dalam Upaya Membudayakan Gemar Membaca dan Mempromosikan Perpustakaan Mendukung Kalteng Makin BERKAH”.

Kegiatan Rapat Koordinasi Bunda Literasi ini merupakan rangkaian kegiatan festival literasi yang telah dimulai sejak bulan Oktober dengan melaksanakan beberapa lomba yang antara lain lomba Perpustakaan Sekolah se-Kalteng, Pemilihan Desa/Kelurahan Literasi se Kalteng, Pemilihan Duta Baca Pelajar Kalteng, Resensi Buku, Diskusi Buku, Bazar Buku, Bazar , Expose TGM,& IPLM Inklusi , dan lain-lain.

“Melalui kegiatan hari ini, kami mengharapkan kegemaran membaca serta kemampuan literasi di Kalimantan Tengah dapat meningkat,” tutup Nunu. (tim)