Anggota Pol PP Damkar Mura Diminta Lebih Peka dan Cepat Respon

, – Penjabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah (Kalteng) Dr. Hermon, meminta jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Pemadam (Damkar) Mura agar lebih responsif menghadapi berbagai masalah yang disampaikan masyarakat.

“Perlu disadari merupakan satu-satunya yang tujuannya menegakkan Perda dan Damkar merupakan garda terdepan dalam menghadapi kebakaran. Itu harus disadari,” ujar Dr. Hermon di Puruk Cahu pada Jum’at, (22/3/2024) malam.

Melalui Diskominfo Mura, hal itu disampaikannya ketika memimpin acara tradisi penerimaan anggota baru sekaligus pembaretan Anggota Damkar yang diangkat menjadi Anggota di lingkup Satpol PP Damkar yang mengambil tempat di halaman kantor Satpol PP Damkar.

Dikatakannya, tentunya bagi petugas yang baru masuk sebagai personel Damkar harus memiliki kepekaan dan respons cepat ketika mendapat laporan-laporan terkait bencana maupun hal-hal lain yang terkait dengan kedaruratan.

“Banyak bangunan di Kota Puruk Cahu ini yang masih menggunakan bahan material dasar kayu. Maka dari pada itu perlu respon cepat agar bencana kebakaran yang terjadi tidak menjadi lebih besar,” tambah Dr. Hermon didampingi Pj Sekda Mura Rudie Roy.

Di tempat yang sama, Kepala Satpol PP dan K. Zen Wahyu mengatakan, “total ada sebanyak 190 (seratus sembilan puluh) orang Anggota Satpol PP dan Damkar Mura, dalamnya termasuk PPPK yang melaksanakan pembaretan pada malam ini,” ucapnya.

Tambah Zen, tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka memelihara tradisi para anggota baru sehingga lebih mencintai tempat dirinya bekerja, serta mengenal lebih jauh karakter teman bekerja dan mempererat hubungan antara personil dan atasan. (Sam)