Pemdes Sungai Lunuk Alokasikan DD untuk Peningkatan Kualitas SDM

BALANGANEWS, PURUK CAHU – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Lunuk Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () mengirimkan sebanyak 6 (enam) orang dari desanya untuk mengikuti Pelatihan atau kursus mengemudi R4 dan Operator Alat Berat yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Eduardo di Kota Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Keberangkatan 6 orang warga Desa Sungai Lunuk yang dipilih oleh Pemdes langsung didampingi oleh Kades Sungai Lunuk, Roby dan dikawal Desa Sungai Lunuk pada Kamis, (21/3/2024) pagi waktu setempat.

Sebelumnya Kades Sungai Lunuk, Roby telah menyampaikan sehari sebelumnya pada saat kegiatan penyaluran BLT bagi 47 di depan undangan yang hadir pada saat kegiatan tersebut.

Saat ditanyakan langsung oleh Balanganews.com kepada Sekdes yang mewakili Kades Sungai Lunuk melalui pesan Wa-nya menyampaikan, Pelatihan dan Kursus di LPPM Eduardo Kota Tanjung Provinsi Kalsel dilaksanakan selama 13 hari lamanya.

“Sebanyak 6 orang pemuda masyarakat desa yang dikirim oleh Pemdes untuk mengikuti pelatihan alat berat dan kursus mengemudi R4 dengan waktu selama 13 hari. Untuk biaya tidak dipungut sama sekali, kesemuanya ditanggung oleh Pemdes Sungai Lunuk atau gratis,” ungkap Sekdes kepada Balanganews.com

Untuk sumber atau pembiayaan terselenggaranya pelatihan dan kursus yang bekerjasama dengan LPPM Eduardo, melalui Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran (TA) 2024, tambahnya.

“Tujuan dilaksanakannya pelatihan alat berat dan kursus mengemudi R4 adalah membantu masyarakat pemuda Desa agar memiliki skil dan cocok dengan banyaknya tambang yang telah berjalan dan akan masuk di wilayah Kabupaten Mura ke depan,” tutup Sekdes.

Berikut daftar nama 6 orang peserta atau masyarakat pemuda desa yang mengikuti pelatihan alat berat dan kursus mengemudi R4 :

1. Boni.
2. Yohanes Wahyu, S.E.P.
3. Kartejeng.
4. Supiandi.
5. Yoga.
6. Parijan. (Sam)