Pj Bupati Mura Panen Padi Perdana Hasil Kelompok Tani

, – Pj Bupati Murung Raya (Mura), Hermon melakukan panen padi perdana hasil kelompok tani Dam Raya binaan Dinas dan (Distanik) setempat, di jalan Mahir Mahar, , , Selasa (5/3/2024).

“Mewakili Pemerintah Daerah, saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan padi ini guna menekan laju serta harga khususnya pada komoditas beras,” ungkap Hermon.

Sementara, Plt Kepala Distanik Kabupatan Mura, Reyzal Samat dalam laporannya menyampaikan, di Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung ini ada tiga Kelompok Tani (Poktan) yang mengusahakan padi sawah.

“Terdapat tiga tiga kelompok tani yang mengusahakan padi sawah di kelurahan Beriwit ini yaitu Poktan Dam Raya sebanyak 7 Hektar, Teluk Raya 3 Hektar, dan berjaya 0,5 Hektar,” kata Rezal.

Dan untuk varietas padi yang digunakan pada poktan dam raya adalah Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16 dan IR Nutri Zinc, sedangkan teluk raya yaitu varietas Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16, IR Nutri Zinc, INPARI 42 dan INPARI 48, kemudian untuk poktan berjaya veriatasnya Aromatic, Ciputi, Inpari C2, IF 8, IF 16, IR Nutri Zinc dan Santani.

“Dalam 1 (satu) kali panen untuk penggunaan benih padi varietas IF8 adalah 8 ton per hektar, rata-rata produktivitas padi adalah 4 Ton/Ha dan panen dilakukan setiap 1 (satu) kali dalam setahun,” tandasnya. (asp)