BBPOM Palangka Raya Bentuk Kader Keamanan Pangan di Murung Raya

, – Memberdayakan masyarakat merupakan salah satu misi dalam menciptakan SDM unggul di bidang obat dan makanan.

Dalam upaya mencapai misi tersebut dan berkontribusi dalam mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat penurunan , Badan POM Mencanangkan Program Desa Pangan sebagai salah satu program prioritas nasional yang membidik masyarakat desa agar mampu secara mandiri menyediakan pangan yang aman dan bermutu.

Pembentukan Kader Keamanan Pangan merupakan salah tahapan Program Desa Pangan Aman yang disusun untuk membentuk SDM unggul sebagai perpanjangan tangan dalam melakukan pengawasan obat dan makanan di daerah.

Pada tanggal 5-6 Juni 2024 Balai Besar POM di Palangka Raya melaksanakan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan di Kabupaten Murung Raya.

Kegiatan ini diikuti oleh 51 peserta dari Kelurahan Muara Laung I dan Desa Muara Untu serta Desa Dirung Lingkin, tenaga PKP/DFI dari Dinas Kabupaten dan Puskesmas pendamping dari masing-masing desa dan kelurahan yang diintervensi.

Plt Kepala di Palangka Raya, Yani Ardiyanti mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diawali dengan pemberian materi terkait Pedoman Pelaksanaan Program Desa Pangan Aman dan materi Keamanan Pangan.

“Materi ini menjadi bekal bagi Kader-kader Keamanan Pangan ini untuk menyampaikan komunikasi, informasi dan edukasi kepada komunitas desa yang nantinya akan diberdayakan serta materi terkait Informasi pengguna Garam, Gula dan Lemak dalam makanan,” ucapnya, Kamis (6/6/2024).

Sebelum pemberian materi, dilaksanakan pre-test untuk mengukur pengetahuan calon kader sebelum mendapatkan bimbingan teknis dalam upaya monitoring dan evaluasi keberhasilan program ini.

Pada hari kedua, masing-masing kelompok kader akan melaksanakan micro teaching untuk melatih kader-kader tersebut melaksanakan KIE sesuai materi yang telah diberikan.

Sambung Yani, pada kesempatan ini, BBPOM di Palangka Raya juga memberikan paket kit untuk 4 pengujian Bahan Berbahaya (Boraks, Formalin, Rhodamin B dan Methanyl Yellow) serta paket edukasi untuk membantu pelaksanaan Program Desa Pangan Aman ini di masing-masing desa/kelurahan.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis sertifikat Kader Keamanan Pangan Kabupaten Barito Utara.

Yani mengharapkan, dengan terbentuknya Kader Keamanan Pangan Desa Dirung Lingkin, Desa Muara Untu dan Kelurahan Muara Laung I ini, mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa.

Kemudian, mampu membantu Balai besar POM di Palangka Raya melakukan pengawasan keamanan pangan di desa/kelurahannya.

“Demi mewujudkan kemandirian pangan dalam upaya percepatan penurunan stunting secara menyeluruh di Kabupaten Murung Raya khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya menuju Kalteng Berkah dan Indonesia Emas 2045,” tandasnya. (asp)