Pemkab Mura Luncurkan Siskeudes Online

, – Pemerintah Kabupaten Murung Raya () melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) meluncurkan Sistem Keuangan Desa Online (Siskeudes Online).

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Cahai Ondhui Tingang dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Rizal Samad, Kepala DPMD Lynda Kristiane, perwakilan Dandim 1013/Mtw, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, serta seluruh kepala desa di Kabupaten Murung Raya, Kamis (2/5/2024).

Staf Ahli Bupati Mura, Rizal Samad, mengatakan bahwa dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparansi, akuntabilitas, partisipasi, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin .

“Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, kami meluncurkan sistem tata kelola keuangan desa berbasis yang dapat membantu dan memudahkan aparatur desa dalam mengelola keuangan desa,” ujarnya.

Rizal Samad juga mengharapkan bahwa dengan adanya aplikasi Siskeudes Online, yang telah berjalan secara online, dapat memudahkan pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa dengan baik dan mempermudah Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam melakukan pengawasan melalui kemudahan akses data.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMD, Lynda Kristiane, menyampaikan bahwa 108 desa atau sekitar 93 persen dari total pemerintah desa di Kabupaten Murung Raya telah memanfaatkan Siskeudes Online.

“Kami berharap dengan pemanfaatan Siskeudes Online, pengelolaan keuangan desa akan semakin transparan dan akuntabel, serta memudahkan pengawasan dan monitoring,” katanya. (asp)