Objek Wisata Arung Jeram Desa Cangkang Mewakili Mura Pada Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Tahun 2024

, – Melalui Diskominfo SP Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (). Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan rapat persiapan visitasi dewan juri untuk penilaian lomba Desa untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang mengambil tempat di Aula Gedung A Kantor Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) beberapa waktu lalu pada, Jum’at (19/7/2024) waktu setempat.

Pada saat pelaksanaan Rapat, dipimpin langsung oleh Asisten III Setda Kabupaten Murung Raya (Mura), Batara yang didampingi oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Kepemudaan, Olahraga dan Kabupaten Murung Raya (Mura), Milwan Atmaja yang mewakili Kepala Dinas (Kadis) Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Murung Raya (Mura), Sri Karyawati. Turut hadir perwakilan Perangkat Daerah, Camat Tanah Siang, Hendra Hadikusuma, Kepala Desa (Kades) Cangkang, Sugiono serta para tamu undangan lainnya.

Ada beberapa hal yang dibahas pada saat pelaksanaan rapat, antara lain beberapa persiapan terkait visitasi atau indikator Dewan Juri dalam melakukan penilaian lomba Desa Wisata sekaligus pembagian tugas masing – masing Perangkat Daerah yang bersangkutan untuk bertanggungjawab memfasilitasi dan mengelola setiap item yang akan menjadi penilaian Dewan Juri diantaranya akses infrastruktur jalan, homestay, WC Umum/Toilet, keamanan, kenyamanan, ketertiban, kelembagaan, pembuatan video wisata Desa Cangkang, produk kerajinan lokal, makanan dan budaya Lokal serta tata cara pada saat penyambutan tamu.

Asisten III Setda Kab. Mura, Batara mengatakan Desa Cangkang merupakan salah satu Desa yang memiliki Objek Wisata Alam Arung Jeram yang tepatnya berada di Wilayah Kecamatan Tanah Siang.

Berdasarkan hasil penilaian yang diumumkan dari pihak Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk Desa Cangkang Kecamatan Tanah Siang pada saat ini berada di posisi 10 (sepuluh) besar.

“Visitasi Dewan Juri dalam melakukan penilaian Lomba Desa Wisata Tingkat Prov. Kalteng akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2024 bulan depan sebagaimana ditegaskan oleh Pimpinan Rapat,” ucap Batara.

Ia juga menyampaikan kepada semua pihak yang terkait atau terlibat agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik – baiknya agar mendapat nilai yang baik dan memuaskan.

“Harapan saya, melalui kerja keras kita dan berkat dukungan dari semua elemen masyarakat baik dari Pemerintah Desa () Cangkang, Pemerintah Kecamatan Tanah Siang, Perangkat Daerah maupun investor yang berada di Wilayah Desa atau Kecamatan setempat. Akan tercapai harapan seperti apa yang diharapkan dalam Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun ini,” tambah Batara kembali. (Sam)