Pengembangan Sumber Daya Lokal Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Gizi Masyarakat

BALANGANEWS, PURUK CAHU – Kepala Dinas (DKP) (Mura) Serampang menyatakan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat khususnya Kabupaten Murung Raya perlu dilakukan pengembangkan sumber daya lokal.

Dan pengembangan lokal ini juga berdampak positif bagi masyarakat terkhusus untuk masyarakat Murung Raya.

Terlebih menurutnya Kabupaten Murung Raya dianugrahi Tuhan Yang Maha Esa sumber pangan yang melimpah, dengan jumlah penduduk lebih dari 100 ribu jiwa dan akan tumbuh terus, maka kebutuhan konsumsi akan semakin tinggi.

“Untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat khususnya Murung Raya perlu dilakukan pengembangkan sumber daya lokal kita, seperti ikan sungai sebagai sumber hewani, serta singkong, pisang, talas, ubi jalar sebagai sumber protein nabati,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa Konsumsi pangan yang berkualitas dapat mengatasi permasalahan gizi dan salah satu masalah kekurangan gizi yang saat ini menjadi perhatian pemerintah adalah

Yang diantaranya disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh maupun anak balita, namun juga terhadap remaja putri, yang merupakan calon ibu di masa mendatang.

“Maka berdasarkan undang-undang no. 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan bahwa pembangunan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat,” terangnya.

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Serampang mengatakan peran pemerintah daerah sangat penting yang disebabkan karena pemerintah daerah merupakan ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Disamping itu juga pemerintah daerah di nilai memiliki kemampuan dan pengetahuan yang dapat mengolah sumber daya lokal yang potensial untuk pengembangan ketahanan pangan.

“Salah satu upaya merealisasikan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kabupaten Murung Raya, Dinas ketahanan Pangan besenergi dengan stake holder yang ada dan terus melakukan terobosan diantaranya melakanakan lomba masak serba ikan tahun 2024,” tutup Serampang. ()