Atlet Dayung Kalteng Melaju ke Babak Final PON Aceh-Sumut

, ACEH – Tim dayung Kalimantan Tengah () berhasil mengantarkan salah satu atletnya, Indra Setiawan, ke babak final di nomor canowing Men Kayak (MK-1) jarak 1000 meter pada ajang Pekan Olahraga () XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Perlombaan dayung ini berlangsung di Bendungan Keuliling, Aceh Barat, Selasa (3/9/2024) sore.

Sayangnya, atlet putri Gresxylia Amazha yang turun di nomor Women Kayak (WK-1) jarak 1000 meter tidak berhasil melaju ke semifinal setelah hanya menempati urutan ketiga dalam babak penyisihan.

Indra Setiawan berhasil menempati posisi terdepan dalam babak revisi final A dengan catatan waktu 3 menit 47 detik, mengungguli atlet dari Riau yang finis sebagai runner-up.

Setelah pertandingan, Indra bertekad untuk tampil lebih maksimal di babak final yang akan digelar pada Rabu (4/9/2024) besok.

“Saya akan berusaha lebih keras lagi di babak final melawan perwakilan dari lima daerah lainnya, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Riau,” ujarnya.

Indra juga mengakui tantangan berat yang dihadapi selama perlombaan, terutama karena yang mempengaruhi performa perahunya.

“Dari start sampai jarak 400 meter, saya harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendahului lawan. Memasuki 250 meter menuju garis finis, perahu cukup sulit dikendalikan karena jalurnya tidak lurus terkena angin kencang,” jelasnya.

Pelatih senior tim dayung, Jhon Travolta, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian Indra yang berhasil lolos ke babak final, namun dirinya menegaskan bahwa perjuangan masih panjang.

“Kami baru bisa tenang kalau sudah mendapatkan medali emas. Semoga besok bisa mewujudkan harapan itu,” ungkap Jhon.

juga masih memiliki peluang di beberapa nomor lainnya, termasuk nomor Women Kayak (WK-2) 500 meter yang akan diikuti oleh duet atlet putri Yerni dan Alexsa Kristiani.

Sementara di nomor Men Kayak (MK-4) 500 meter, tim putra akan diperkuat oleh Krisman, Friendli, Didi Jeriandi, dan Christian Famungkas. Di nomor Women Kayak (WK-4) jarak 500 meter, tim putri Kalimantan Tengah diwakili oleh Lovenia Aprelia, Alexsa Kristiani, Yerni, dan Gresxylia Amazha.

Diharapkan, para dapat terus menunjukkan performa terbaik mereka dan meraih prestasi di ajang /2024 ini. (asp)