PON Aceh-Sumut Resmi Dibuka, KONI Kalteng Optimis Target Medali Tercapai

, MEDAN – Kontingen Kalimantan Tengah () turut menghadiri acara pembukaan Pekan Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut), yang digelar pada Senin (9/9/2024) malam.

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden di Stadion Harapan Bangsa, Aceh dan diikuti juga Kontingen dari Stadion Baharoeddin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya persatuan dan sportivitas dalam ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia ini.

“PON adalah ajang di mana kita tidak hanya bersaing, tetapi juga mempererat persatuan sebagai bangsa Indonesia,” ujar .

Pembukaan ini juga diikuti oleh seluruh kontingen dan atlet dari berbagai provinsi yang berada di Aceh dan Sumatera Utara.

Meskipun ajang resmi baru dimulai, beberapa cabang olahraga (cabor) sudah lebih dahulu melaksanakan pertandingan.

Sementara untuk , yang sudah mulai dipertandingkan adalah dayung, angkat besi dan drumband.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia () Kalteng, M. Hasanuddin Noor, mengungkapkan rasa optimisnya terkait peluang kontingen Kalteng dalam ajang PON kali ini.

“Kami sangat optimis, terutama untuk cabor-cabor unggulan yang baru akan dipertandingkan pada 10 September ini,” ujarnya.

Meski beberapa nomor dayung dan drumband lepas, tetap percaya diri bisa meraih medali dari cabang olahraga lainnya.

“Dayung dan drumband memang lepas di beberapa nomor yang dipertandingkan. Namun, masih ada peluang, karena beberapa nomor atau kategori unggulan masih belum dipertandingkan,” tambah Hasanuddin Noor.

Lebih lanjut, Hasanuddin Noor juga meminta dukungan dari masyarakat Kalimantan Tengah untuk kesuksesan para atlet yang berlaga di PON XXI.

“Mohon doanya agar para atlet bisa memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Kalteng di kancah nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Kalteng, Undang Mugopal, menyampaikan agar seluruh Kontingen Kalteng memberikan penampilan yang terbaik untuk meraih juara. Tentunya dengan menjunjung tinggi sportivitas dan fair play.

“Jaga nama baik Kalteng dan harumkan nama daerah kita. Menangkan pertandingan dengan semangat dan menjunjung tinggi sportivitas dan fair play,” pesannya. (asp)