Tinjau Harga Bapok di Palangka Raya, Mendag: Masih Stabil dan Aman

WhatsApp Image 2023 06 03 at 2.14.08 PM
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan meninjau harga dan ketersediaan bahan pangan pokok di Pasar Besar Kota Palangka Raya

, PALANGKA RAYA, Zulkifli Hasan meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Besar Kota Palangka Raya, dalam rangka kunjungan kerja, Sabtu (3/6/2023) pagi.

Turut dalam peninjauan, antara lain Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim, Direktur P3DN Krisna Ariza, Nuryakin, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan , dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Pada kunjungan tersebut, Menteri Zulkifli meninjau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, ayam ras, , minyak goreng, dan beras. Menteri Perdagangan juga sempat berdialog langsung dengan beberapa di Pasar Besar.

Usai melakukan kegiatan pemantauan , Menteri Perdagangan RI dalam keterangan menjelaskan bahwa, harga dan ketersediaan bahan pokok terpantau relatif stabil dan aman. Hanya ada satu bahan pokok yang agak naik harganya, yaitu daging ayam.

“Teman-teman bisa lihat sendiri, barangnya banyak, cuma yang naik satu, ayam. Tapi saya kira ga apa-apa naik, karena sudah hampir 3 bulan ayam itu harganya kan di bawah, peternak ayam berbulan-bulan rugi,” terangnya kepada awak media.

Menteri Perdagangan kemudian menyatakan akan mempelajari penyebab kenaikan harga ayam tersebut, apakah disebabkan transportasi, harga pakan, atau penyebab lainnya.

Menteri Zulkifli Hasan juga menekankan kepada masyarakat agar tidak panik, karena di sisi lain para peternak perlu mendapat untung setelah beberapa bulan merugi.

“Saya kira sambil pelan-pelan saya urus agar normal kembali, tapi satu bulan, setengah bulan ini kita kasih kesempatan lah,” demikian Zulkifli Hasan. (asp)