Pemprov Perkuat Pengawasan Hewan Ternak Menjelang Idul Adha

gbr2
Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng, Sunarti

, – Pemprov Kalteng melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan (DTPHP) setempat mulai mengantisipasi masuknya seperti sapi dan kambing yang berpenyakitan di tengah lonjakan permintaan menjelang Hari Raya 2023.

Kepala Dinas Kalteng, Sunarti menuturkan, saat ini Kalteng memiliki stok sapi, kambing, domba, dan kerbau berkisar di angka sekitar 6600 ekor. Jumlah tersebut, menurutnya, cukup untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi di Kalimantan Tengah.

“Jumlah demikian pada umumnya cukup untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dari masing-masing daerah di Kalteng. Karena lazim digunakan itu sapi, sapi paling banyak di , karena ada peternakan sapi skala besar Sulung Ranch,” katanya, Senin (5/6/2023).

Sunarti mengatakan, pihaknya hingga saat ini terus mewaspadai bibit-bibit penyakit dan yang kemungkinan besar dapat menyerang hewan ternak, khususnya hewan ternak sapi dan kambing.

Selain itu, ditambahkannya, Dinas TPHP Provinsi Kalteng juga bersama pihak terkait juga sudah mulai memperketat pengawasan terkait kesehatan hewan seperti sapi dan kambing yang dipasok dari luar daerah.

“Kami mulai memperketat pengawasan terhadap pasokan sapi dan kambing dari luar daerah, khususnya dari daerah-daerah yang rawan terjadinya penyakit hewan ternak seperti Sumatera dan Jawa Tengah, kami sangat ketat terhadap hewan yang datang dari daerah-daerah tersebut,” ujarnya.

Sunarti menambahkan, untuk saat ini Kalteng masih menyuplai sapi dan kambing dari luar daerah seperti Madura, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Jawa Timur. Untuk memastikan hewan tersebut, yang bebas dari virus, pihaknya kata Sunarti, berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota terkait kesiapan mengantisipasi dan menanggulangi hewan yang terdampak penyakit.

“Contoh, misalnya salah satu daerah tidak punya dokter hewan, nanti kami akan memperbantukan tenaga medis veteriner kami untuk memastikan agar sapi dan kambing yang akan digunakan untuk kurban sehat, bebas dari penyakit,” tandasnya. (asp)