Antisipasi Karhutla, Dishut Kalteng Siapkan Posko Hingga Peralatan

gbr1
Plt Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalteng, Agustan Saining

, – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sejauh ini terus melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi hutan dan lahan (Karhutla), baik dari penyiapan posko hingga penyiapan peralatan.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung komitmen Pemerintah Provinsi dalam hal ini Kalteng bahwa Kalteng Bebas Asap tahun 2023.

“Kita sudah membuat satu posko utama di Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, kemudian ada 90 posko di UPTD KPH dibawah Dinas Kehutanan,” kata Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Agustan Saining usai mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Rencana Penanganan Darurat Karhutla di Wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2023, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (5/6/2023).

Selain menyiapkan posko, Dinas Kehutanan juga kata Agustan menyiapkan dan menurunkan personil Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla) KPH sebanyak 742 orang.

“Kita juga ada 107 binaan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan anggota sebanyak 2117 orang jumlahnya. Dan kita sudah menyiapkan kurang lebih sekitar 83 Miliar dana DBH-DR untuk ,” ujarnya.

Kemudian dari segi peralatan kata Agustan, pihaknya telah menyiapkan 64 unit mobil yang terdiri dari mobil water supply, mobil slip on dan mobil patroli. Kemudian, ada 196 pompa mesin, sepeda motor 84 unit yang disiapkan untuk karhutla ada juga drone, HT (Handy Talky) dan beberapa peralatan lainnya.

Sementara itu, untuk titik hotspot dalam beberapa bulan terakhir ini, Agustan menyampaikan bahwa titik hotspot tersebar dibeberapa wilayah Kabupaten/Kota.

“Tapi yang banyak itu ada di , , Kotim, Kobar dan . Sementara kabupaten lainnya sebagian besar ada yang satu bahkan ada yang nihil,” demikian Agustan. (asp)