Pemprov Kalteng Bahas Persiapan Pelaksanaan Gernas BBI dan BBWI

718

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia () Tahun 2023, di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Jum’at (9/6/2023).

Rapat ini dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan , Yuas Elko dan dihadiri oleh instansi terkait, seperti Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, , serta Dinas terkait.

Yuas Elko mengatakan, Kalteng sudah siap untuk menyelenggarakan Gernas BBI dan BBWI 2023 ini, tinggal dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalteng terkait dengan Surat Keputusan (SK) sebagai dasar untuk melaksanakan pekerjaan.

“Diharapkan kegiatan nasional BBI dan BBWI ini benar-benar bisa berjalan dengan baik, selain untuk meningkatkan gerakan nasional, dengan adanya kegiatan ini perekonomian Kalteng juga akan menguat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari dalam keterangannya menjelaskan, bahwa pada kegiatan ini membahas persiapan Gernas BBI dan BBWI 2023, yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2023.

“Kegiatan ini adalah agenda nasional, oleh karenanya tentu persiapan-persiapan harus benar-benar matang, mudah-mudahan melalui rapat ini kita bisa menghasilkan suatu kesepakatan bersama, baik itu agenda SK-nya maupun agenda pelaksanaan kegiatan pada bulan Juli yang akan datang,” jelasnya.

Adiah menambahkan, bahwa pihaknya sudah akomodir masukan dan saran dari pihak-pihak terkait, diharapkan tidak ada kendala, sehingga dalam waktu dua minggu ini SK sudah bisa disetujui oleh Biro Hukum dan ditandatangani bapak Gubernur.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan (Kalan) , Taufik Saleh memaparkan, munculnya Gernas BBI dan BBWI yang dilaksanakan sejak tahun 2020, sebagai respon nasional terhadap kondisi pandemi untuk mendukung daya beli, maka didorong lah masyarakat menengah atas untuk berbelanja.

“Pada tahun 2022 yang lalu, terdapat sembilan provinsi yang sudah menyelenggarakan Gernas BBI dan BBWI ini. Sedangkan Kalimantan Tengah untuk pertama kalinya melakukan aktivasi sebagai provinsi penyelenggaraan BBI dan BBWI Nasional tahun 2023 ini,” sebut Taufik.

Penyelenggaraan Gernas ini, tambahnya, diselenggarakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada bulan Juli yang akan datang, dan selama ini sudah banyak kegiatan pendukung yang kita dilakukan diantaranya Festival Tambun Bungai, , Festival Budaya Isen Mulang, Festival Kuliner Nusantara dan lain sebaginya.

“Karena ini event yang sangat besar dan membawa nama Kalteng, maka kita buat event ini dengan sebaik mungkin untuk mengangkat nama baik Provinsi Kalimantan Tengah baik di tingkat nasional maupun dunia,” tegasnya.

Pada level lokal Provinsi Kalteng punya event Pesona Tambun Bungai yang dilaksanakan BI, sekaligus penyelenggaraan BBI dan BBWI yang rencananya dilaksanakan tanggal 13-16 Juli 2023, dan puncaknya tanggal 14 Juli 2023, dan rekan resmi dari nasional melibatkan tiga mitranya yaitu BRI, Gojek dan Shopee. (asp)