Wagub Kalteng Tekankan Program Kemandirian Pangan Daerah

719

BALANGANEWS, – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (), H. Edy Pratowo menghadiri secara langsung Pekan Nasional dan Nelayan ke XVI di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mewakili Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo secara virtual.

Usai mengikuti acara, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyebutkan, bahwa semangat Pekan Nasional Petani ini sejalan dengan program Pemprov Kalteng, yakni menciptakan ketahanan pangan.

“Bapak Gubernur terus menggaungkan ini, agar masing-masing kabupaten dan kota mempersiapkan dengan baik dalam menciptakan ketahanan pangan, baik dari segi anggaran dan hal-hal teknis lainnya,” ucap Edy.

Wagub menuturkan, Kalteng yang telah dipercayakan untuk menjalankan program strategis nasional di Kabupaten Pulang Pisau dan , harus dimaknai sebagai suatu peluang yang harus ditangkap dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan.

“ Estate adalah suatu kepercayaan bagi kita dan harus dimaknai secara serius untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah dan lebih jauh agar food estate benar-benar berkontribusi bagi negara, sebagai lumbung pangan nasional,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo telah melepas untuk mengikuti kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Terminal Keberangkatan Umum Palangka Raya, Kamis (8/6/2023) lalu.

Kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan merupakan event yang telah diselenggarakan sejak tahun 1971, dan terus menjadi agenda nasional secara berkelanjutan. (asp)