Dewan: Kapabilitas SDM Kesehatan Perlu Ditingkatkan

siti
Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah

, PALANGKA RAYA – Ketua Komisi III , Siti Nafsiah mengatakan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) baik di Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Posyandu di Kalimantan Tengah perlu ditingkatkan.

melalui Dinkes perlu meningkatkan kapabilitas SDM kesehatan di Kalteng. Ini penting dilakukan agar mereka bisa memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas pelayanan kesehatan sehari-hari,” ucap Nafsiah, Minggu (11/6/2023).

Ia menuturkan, SDM kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik di wilayah perkotaan hingga pedesaan, sehingga sangat penting setiap SDM kesehatan itu memiliki kapabilitas yang mumpuni.

Nafsiah membeberkan, persoalan kesehatan masih banyak yang harus mendapatkan penanganan serius, salah satunya yaitu . Kasus stunting masih menjadi masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian serius.

Dalam rangka meningkatkan kapabilitas SDM kesehatan , kata Nafsiah, harus lebih menggencarkan pelatihan maupun bimbingan teknis secara berkelanjutan, dan juga untuk sektor kesehatan juga harus dianggarkan secara proporsional.

“Dengan begitu kemampuan SDM kesehatan dalam melaksanakan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan bisa meningkat. Anggaran juga penting ditingkatkan agar penanganan kesehatan bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (asp)