Hadiri Muscab ke-5 GAPKI, Wagub Beri Pesan Ini Kepada PBS

edy
Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah 153 ribu km², dengan berbagai potensi Sumber Daya Alam (SDA) di dalamnya, termasuk lahan usaha perkebunan industri kelapa sawit yang dimiliki dan dikelola oleh para pengusaha/investor, /kelompok pekebun, dan lainnya.

Dimana kelapa sawit merupakan salah satu komoditas riil yang strategis, yang memiliki kebermanfaatan luas terhadap kegiatan masyarakat, perekonomian, , dan lingkungan.

Namun demikian, dalam perkembangannya sering kali menimbulkan pro dan kontra, akan tetapi pengalaman menunjukan bahwa usaha ini tetap berjalan bahkan berkembang, melalui program-program keberlanjutan yang dilaksanakan oleh berbagai pihak/stakeholders dalam upaya menata dan mengelola .

Terkait dengan hal tersebut, Wakil Kalteng, H. Edy Pratowo kepada para pengurus GAPKI Cabang Kalimantan Tengah yang terpilih nanti dapat memperhatikan hal-hal, seperti aspek kemitraan dan pembedayaan masyarakat sekitar areal perkebunan.

“Mohon dukungan dan kesepahaman bersama antar pusat dan daerah untuk memanfaatkan dan mendorong realisasi alokasi Bagi Hasil Sawit (DBH-Sawit) yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk peningkatan penanganan aspek , aspek pendidikan dan aspek ,” ucapnya.

Selain itu, Wagub mendorong para PBS memperhatikan aspek kemitraan dan pembedayaan masyarakat sekitar areal perkebunan, dengan mengoptimalkan pelaksanaan program pemerintah yang telah ditetapkan.

“Menjadi perusahaan mitra dari program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), penyelesaian lahan-lahan/kebun sawit milik PBS, koperasi/kelompok, kebun swadaya yang terindikasi kawasan hutan,” tambahnya.

Selain itu, penyelesaian konflik lahan/kebun atau masyarakat yang saling menguntungkan dengan mengedepankan mufakat musyawarah.

“Peduli terhadap alam yang terjadi di Kalimantan Tengah dan daerah-daerah sekitar perusahaan misalnya banjir, Karhutla, angin-topan maupun bencana lainnya,” tegas Edy. (asp)