Basarnas Palangka Raya Sukses Gelar Latihan SAR Beregu

sar
Peserta pelatihan SAR beregu, saat melakukan latihan SAR beregu di perairan Sebangau Kereng Bangkirai

, – Kepala Kantor Pencarian dan Basarnas Kota Palangka Raya, Anak Agung Alit Supartana secara resmi menutup kegiatan pelatihan SAR beregu usai dilaksanakan selama tiga hari.

“Latihan SAR beregu yang baru saja saudara laksanakan cukup menguras pikiran dan fisik, dan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan penolong, khususnya bagi para rescuer dalam pelaksanaan operasi SAR yang sesungguhnya,” ujarnya, Jum’at (16/6/2023).

WhatsApp Image 2023 06 16 at 9.06.04 AM

Agung Alit Supartana menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut digelar sebagai wadah menguji standar operasional prosedur, fungsi koordinasi, manajemen posko hingga teknik pertolongan terhadap kapal secara efektif, cepat dan aman.

Dijelaskannya, dalam kegiatan tersebut, para peserta dibekali beberapa materi pertolongan di air, standar operasi pertolongan di air, dasar penyelaman, manajemen posko operasi SAR dan pada hari terakhir dilakukan simulasi operasi SAR Kecelakaan Kapal di Perairan Sebangau Kereng Bangkirai.

Selama pelatihan semua peserta terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan latihan, besar harapannya dari latihan tersebut peserta dapat banyak belajar bagaimana cara penanganan kecelakaan kapal, baik manajemen posko dan metode pertolongan yang digunakan.

“Kepada para peserta agar terus mengembangkan budaya belajar dan berlatih, asah terus keterampilan secara berkelanjutan hingga para peserta dapat menjadi Tim Penolong yang Profesional,” tandasnya. (asp)