Pemprov Gelar Monitoring dan Evaluasi UKS Tingkat Kalteng

WhatsApp Image 2023 06 22 at 1.23.07 PM
Foto bersama usai pembukaan Monitoring dan Evaluasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () menggelar Monitoring dan Evaluasi Usaha Sekolah/Madrasah (UKS/M) Tingkat Provinsi tahun 2023, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (22/6/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalteng, H. melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 2.03.33 PM

Suyuti mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan bagi warga sekolah.

“Melalui program UKS diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, sehingga bisa menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” ucapnya.

UKS secara umum, sambung Suyuti, dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta bisa menciptakan lingkungan sehat.

“UKS juga bertujuan untuk memupuk kebiasaan hidup sehat serta saya menekankan agar terwujudnya peserta didik yang bebas dan bersih dari ,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Kalteng, Ahmad Pahruka menjelaskan, maksud dan tujuan dalam kegiatan tersebut untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari sejak dini.

“Baik lingkup sekolah hingga lingkungan masyarakat agar tercipta generasi sehat dan cerdas, dan Peran UKS Dalam Menciptakan Sekolah Yang Bersih dan Sehat,” pungkasnya.

Adapun peserta Rapat Koordinasi ini terdiri dari, Bagian Kesra Kabupaten/Kota se-Kalteng, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalteng, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kanwil Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan Instansi terkait lainnya. (asp)