Minggu ke-4 Juni, Kalteng Tidak Masuk Provinsi dengan IPH Tertinggi

609
Sahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko saat menghadiri Rakor inflasi secara virtual

, PALANGKA RAYA Kalteng melalui Staf Ahli (Sahli) Bidang , Keuangan, dan , menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Mendagri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (4/7/2023).

Pada kesempatan itu, Direktur Statistik Harga BPS RI, Pudji Ismartini menyampaikan, tingkat inflasi Juni 2023 bervariasi antar-wilayah. Ia mengatakan, inflasi tinggi didominasi oleh kota-kota di wilayah Timur.

“Namun, jika dilihat dari andilnya, komoditas dengan tingkat inflasi yang relatif lebih tinggi tersebut memiliki andil yang tidak begitu besar terhadap inflasi . Merauke sebagai Kota dengan inflasi Juni (y-to-d) tertinggi memiliki andil sebesar 0,006 terhadap inflasi nasional,” katanya.

ADE S

Ia menuturkan, ada beberapa Kabupaten/Kota dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi di Luar Jawa dan Sumatera, seperti NTT, Kaltim, Kalbar, Maluku, Sulawesi Utara serta Sulawesi Selatan.

Pudji juga mengungkapkan, komoditas penyumbang utama kenaikan IPH di sejumlah Kabupaten/Kota sampai dengan Minggu Keempat Juni 2023 adalah ras, cabai merah, cabai rawit, dan ayam ras.

“Untuk komoditas penyumbang utama penurunan IPH di sejumlah Kabupaten/Kota sampai dengan Minggu Keempat Juni 2023 adalah bawang merah, beras, cabai merah, dan cabai rawit,” imbuhnya.

Usai rapat koordinasi tersebut, Yuas menyatakan bahwa di Minggu Keempat Juni 2023, Kalteng tidak masuk dalam provinsi dengan IPH tertinggi.

“Kita harus bersyukur Provinsi Kalimantan Tengah tidak masuk Provinsi dengan IPH tertinggi, meski begitu kita jangan sampai lengah dan harus tetap menjaga inflasi kita agar stabil,” ungkapnya. (asp)