Wagub Kalteng Harapkan Pemprov-BI Pererat Sinergi Pacu Perekonomian

wagub
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menghadiri pengukuhan Kepala BI Kalteng dan Peresmian Kantor BI Kalteng yang baru

, – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo menghadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sekaligus Peresmian Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Kamis (13/7/2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng dikukuhkan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

ADE S

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo di dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalteng mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Yura Djalins atas pengabdian dan kerja sama yang baik selama satu tahun menjabat Kepala Perwakilan BI Kalteng.

Selain itu, Wagub Edy juga mengucapkan selamat kepada Taufik Saleh yang dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI Kalteng.

“Saya mengapresiasi sinergi Bapak, walau belum dikukuhkan, namun telah turut berperan aktif dalam perekonomian dan pengendalian di Kalimantan Tengah, serta terlaksananya 2023 di bulan Maret sebagai Kick Off Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Berwisata di Indonesia, yang acara puncaknya akan digelar besok,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Wagub mengucapkan selamat juga atas Gedung baru Kantor BI Perwakilan Provinsi Kalteng yang baru saja diresmikan, yang begitu bagus dan megah.

“Kita semua berharap, pengukuhan dan peresmian Gedung ini menjadi momentum mempererat kolaborasi dan sinergi kita ke depan, dalam memacu dan perekonomian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah agar makin baik lagi,” imbuhnya.

Lanjut Edy, kolaborasi dan sinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng dalam penyusunan program, kajian dan rekomendasi kebijakan , pemberdayaan UMKM, kemandirian , serta dukungan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah daerah melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah sudah terjalin dengan baik sehingga mampu mendukung akselerasi ekonomi daerah.

“Di samping itu peran serta Bank Indonesia dalam hal penanganan Inflasi melalui TPID Provinsi Kalteng dinilai berhasil dalam menekan inflasi di Kalteng,” tambahnya.

Wagub juga membeberkan, dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi Kalteng, Pemprov Kalteng saat ini berfokus pada pengembangan potensi sumber daya alam serta mendukung pariwisata daerah, akselerasi investasi daerah, dan pengembangan Program Strategis Nasional (PSN) di Kalteng yang akan berdampak pada ekonomi daerah.

“Mari satukan langkah untuk bersama-sama memajukan pembangunan dan perekonomian daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, demi mewujudkan Kalteng Makin Berkah untuk Indonesia Maju,” tandasnya. (asp)